Perbedaan Toefl ITP Dengan Toefl IBT

Posted by Tilang Net on Minggu, 19 Februari 2017


TOEFL atau Test of English As a Foreign Language sudah umum di telinga masyarakat Indonesia, khususnya untuk kaum akademisi. Tes ini dilakukan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan dan kecakapan dalam berbahasa Inggris. Tes ini diselenggarakan oleh Educational Testing Service (ETS) dan pertama di perkenalkan pada tahun 1963. Hasil dari tes TOEFL dapat digunakan untuk syarat masuk ke universitas dan melamar pekerjaan pada sebuah instansi. Tes TOEFL juga bisa digunakan untuk mendapat beasiswa.
Ada beberapa jenis tes TOEFL seperti Toefl ITP dan Toefl IBT. Lalu apakah perbedaan dari kedua macam tes TOEFL tersebut? Berikut Penjelasannya.
  1. TOEFL ITP (Institutional Testing Program)
Tes Toefl ITP merupakan salah satu jenis tes TOEFL yang dikeluarkan oleh English Testing System (ETS) dan biasanya khusus untuk wilayah Asia. Untuk wilayah Indonesia sendiri TOEFL ITP test center ada di beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan sebagainya. Ada banyak instansi yang menyelenggarakan TOEFL ITP test center. Skor TOEFL ITP bersifat institutional yang mana hanya dapat digunakan untuk institusi dan wilayah lokal tertentu dan tidak berlaku untuk seluruh negara di dunia.

TOEFL ITP tidak dapat berlaku di seluruh dunia, namun masih bisa digunakan sebagai prasyarat pengajuan beasiswa atau dana bantuan pendidikan tertentu seperti DAAD, Fullbright, StuNed, Monbukagakusho, ADS dan sebagainya.

Ada tiga sesi ujian pada TOEFL ITP, diantaranya Listening, Structure and Written Expression dan Reading Comprehension. Setiap sesi ujian memiliki jumlah soal dan waktu pengerjaan yang berbeda.

  1. TOEFL iBT (internet Based Test)
Tes Toefl iBT adalah salah satu jenis tes TOEFL paling baru yang dikeluarkan oleh English Testing System. TOEFL iBT ini merupakan pengngganti dua TOEFL sebelumnya yakni TOEFL PBT (Paper Based Test) dan TOEFL CBT (Computer Based Test). Pada dasarnya TOEFL PBT adalah TOEFL ITP itu sama dan masih digunakan di Indonesia, namun TOEFL yang diakui sebagai tes kemampuan bahasa Inggris di seluruh dunia adalah TOEFL iBT.

Perbedaannya dengan TOEFL ITP adalah dalam pengerjaannya. TOEFL iBT menggunakan komputer yang sudah terkoneksi dengan internet untuk setiap jawaban yang diberikan akan direkam oleh komputer dan dikirim langsung ke ETS. Selain itu perbedaan antara TOEFL ITP dengan TOEFL iBT adalah jumlah sesi ujian. TOEFL iBT terbagi menjadi 4 sesi ujian, antara lain Reading, Listening, Speaking, dan Writing.


Blog, Updated at: 22.54

0 komentar:

Posting Komentar

2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

fb

https://www.facebook.com/Tilangnet-1714307868882437/