Tips Menghafal Yang Jitu Menghadapi Ujian - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Monday, July 24, 2017

Tips Menghafal Yang Jitu Menghadapi Ujian

Tips Menghafal Yang Jitu Menghadapi Ujian

Menghafal erat kaitanya dengan daya ingat, oleh sebab itu untuk mendapatkan hasil yang baik dibutuhkan kemampuan mengingat yang hebat. Sebenarnya proses awal menghapal idealnya bermula ketika di dalam kelas. Memperhatiakn penjelasan guru dengan seksama bisa menjadi modal untuk bisa merekam materi pelajaran ke dalam otak. Untuk dapat merekam seluruh materi pelajaran dengan baik, diperlukan kemampuan otak yang baik. Berikut tips cara menghafal cepat yang bisa kamu lakukan :

Menuliskan poin-poin penting
Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk dapat menghapalkan materi pelajaran secara cepat yaitu dengan menuliskan poin-poin penting suatu materi. Kamu bisa menuliskan hal-hal yang penting yang akan membantu kamu mengingat materi pelajaran tersebut, tuliskan disehelai kertas kecil sehingga bisa kamu bawa kemana saja. Ketika kamu lupa kamu bisa dengan mudah melihatnya lagi.

Menuliskan poin-poin dengan singkatan
Tips selanjutnya yang efektif untuk menhapalkan materi pelajaran yaitu dengan menyingkat poin-poin penting suatu materi, setelah dibaca kamu pasti sudah bisa merekam beberapa kata, jika poin-poin terdiri dari beberapa kata kamu bisa menuliskanya kembali dalam bentuk singkatan. Misalkan : ibu kota Indonesia adalah Jakarta, kamu bisa membuat catatan kecil dengan menyingkat kalimat tersebut dengan ikiaj.

Menuliskan kembali poin-poin penting
Tips selanjutnya agar kamu bisa menguasai materi pelajaran dengan cepat yaitu dengan menuliskan kembali poin-poin penting. Setelah kamu membaca suatu materi kamu bisa mencoba menuliskannya lagi sesuai dengan apa yang terekam dalam ingatan kamu, dengan cara menuliskan kembali sedikit demi sedikit materi yang sedang dipelajari akan masuk ke dalam otak. Lakukanlah terus menerus sampai semua poin-poin pelajaran bisa hapal di luar kepala.

Baca ulang catatan di tempat yang nyaman
Tips selanjutnya adalah dengan mengulangi membaca catatan di tempat yang menurut kamu nyaman. Kamu bisa memanfaatkan lingkungan tempat tinggal kamu untuk menjadi tempat untuk mengulangi membaca materi pelajaran. Bisa dicoba di sekitar kebun di tempat kamu, warna hijau tanaman akan menjadikan kamu lebih tenang, dengan sendirinya materi pelajaran akan dapat dikuasai.

Demikianlah tips cara menghapal cepat, semoga bisa digunakan kamu yang akan menempuh ujian test masuk sekolah.

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages