Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal - Tilang Net

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Thursday, November 22, 2018

Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal

Berat Badan Ideal
Sejak masa kecil hingga dewasa seseorang dilihat secara fisik berdasarkan berat badannya. Bayi dan balita gemuk akan lebih disukai dibandingkan yang kurus. Sementara orang dewasa lebih suka langsing berisi dan cenderung kurus. Namun, secara keseluruhan sebenarnya berat badan ideal paling baik, untuk orang dewasa maupun anak-anak. Standar berat badan bagi anak dan dewasa berbeda. Begitu pula berat badan normal wanita dan pria dewasa. Wanita hamil mempunyai standar sendiri pula. 

Bagaimana menghitungnya? Simak cara menghitung berat badan ideal di bawah ini : 
Berat Badan Ideal
Berat Badan Anak
Berat badan anak secara umum dapat dilihat pada KMS atau Kartu Menuju Sehat yang biasanya dimiliki hingga usia 5 tahun. Garis merah menunjukkan berat badan minimum. Di mana berat badan menurut umur yang berada di bawah garis merah berarti berat badan di bawah normal. Dua warna di atas garis merah menunjukkan berat badan normal, kemudian berlebihan, dan obesitas.

Berat badan balita lebih spesifik ditunjukkan oleh Indeks Massa Tubuh atau IMT.
IMT = Berat Badan : (Tinggi Badan x Tinggi Badan)
IMT anak berdasarkan usia dan jenis kelamin dapat dicari di internet dengan mudah. Misalnya, IMT anak laki-laki usia 1 tahun adalah 14,4 - 19,8. Jika di bawah 14,4 artinya anak termasuk kurus dan lebih dari 19,8 kelebihan berat badan.

Berat Badan Orang Dewasa
Tinggi badan orang dewasa (cm) dikurangi 100 cm, menghasilkan berat badan normal orang dewasa. Selanjutnya, IMT dihitung dengan cara sama dengan IMT balita. Beberapa ahli menghitung berat badan ideal orang dewasa menggunakan rumus :
(Tinggi Badan - 100 cm) - ( Tinggi Badan -100) x 10 % untuk laki dan (Tinggi Badan - 100 cm) - ( Tinggi Badan -100) x 15 % untuk wanita.

Berat Badan Wanita Hamil
Berat badan wanita hamil seharusnya bertambah seiring dengan semakin besar usia kehamilan. Pertambahan berat badan tersebut idealnya tergantung dari IMT sebelum hamil. Jika wanita sebelum hamil tergolong kurus maka pertambahan berat badan ideal akan lebih banyak dibandingkan wanita yang mempunyai berat badan berlebih sebelumnya. Kisaran pertambahan berat badan antara 5 sampai 18 kg tergantung IMT.

Demikian cara mudah menghitung berat badan ideal mulai dari balita hingga orang dewasa dan wanita hamil. Nestle yang sejak awal berdiri sudah berkomitmen membantu masyarakat Indonesia menjadi lebih sehat mempunyai produk yang bervariasi untuk segala usia. Misalnya, Nestle Lactogrow 3 Happy Nutrisi untuk perkembangan dan pertumbuhan optimal balita, Bear Brand Nestle untuk orang dewasa, dan Nestle Mom & Me untuk ibu hamil.  

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages