Cara yang Tepat Memberi Nama Bayi Islami - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Tuesday, February 18, 2020

Cara yang Tepat Memberi Nama Bayi Islami

Nama Bayi Islami
Nama Bayi Islami

Memberi nama bayi ternyata ada triknya. Triknya tidaklah sulit. Meski begitu, jarang sekali orang yang mengenal bagaimana triknya. Nah, di sini, kami akan menjelaskan cara memberi nama bayi islami yang baik dan benar. Tujuannya agar anak Anda menyandang nama terbaik dan menjadi doa kelak ketika ia sudah besar.

Nama merupakan salah satu urusan yang tidak boleh disepelekan. Islam juga pada dasarnya sudah menganjurkan terkait pemberian nama bagi para orangtua. Ingin tahu bagaimana cara memberikan anak nama yang Islami dan bagus.

Tips memberi nama bayi islami berikut ini:


1. Bagus Ketika Dipanggil Maupun Secara Arti

Nama yang bagus tidak hanya nama yang enak dipanggil. Juga harus bagus secara arti. Begitu juga sebaliknya, bagus dalam arti, harus bagus dan enak juga ketika dipanggil. Ada banyak pilihan yang bagus yang enak dipanggil dan memiliki arti yang baik. Misalnya seperti Abdul Aziz. Nama tersebut memiliki arti penghambaan terhadap Allah SWT.

2. Memberi Nama Rasul dan Orang Shalih

Anda boleh memberi nama-nama rasul dan orang shalih untuk anak Anda. Misalnya nama berawalan Muhammad. Atau, bisa juga dengan memilih nama-nama nabi lainnya. Hal ini diperbolehkan, bahkan dianjurkan oleh banyak kalangan ulama di dunia. Selain rasul atau nabi-nabi, Anda juga bisa memberinya nama orang-orang shalih dari kalangan sahabat rasul, ataupun nama-nama orang shalih lainnya yang dianjurkan.

3. Jangan Sembarangan Memberi Nama

Meski pemberian nama secara Islam itu mudah, namun faktanya, Anda tidak boleh sembarangan dalam memberinya. Ada aturan dan juga tata caranya. Hal ini dikarenakan, nama sedikit banyaknya bisa mempengaruhi kehidupan anak tersebut. Artinya, pilihlah nama-nama yang indah dan memiliki arti yang bagus. Ada banyak nama yang bisa diambil dari Alquran, maupun dari orang-orang shalih serta para nabi.

4. Nama Anak dari Sifat Allah

Selain dari para nabi, nama anak juga bisa diberikan dari sifat-sifat Allah, yaitu Asmaul Husna. Asmaul Husna adalah nama-nama terbaik Allah. Bisa juga Anda berikan kepada si kecil. Asmaul Husna memiliki banyak pilihan yang bisa Anda cari. Nama-nama Allah ini, kelak bisa menjadi doa terbaik bagi si kecil.

5. Nama-Nama yang Tidak Boleh Digunakan

Meskipun kita dianjurkan untuk mencari nama-nama terbaik di Alquran, tapi tidak berarti semua nama bisa diberikan kepada si kecil. Ada beberapa nama yang tidak boleh Anda berikan kepada mereka. Misalnya seperti Al-Lat, Firaun, Uzza, dan nama-nama buruk lainnya. Carilah nama yang bagus dan memiliki makna yang sangat bagus.

Nah, demikianlah tips memilih nama bayi Islami sesuai dengan anjuran. Dari tips di atas, kini Anda bisa mengetahui bagaimana cara memberi anak. Pastikanlah Anda memberi nama terbaik, atau dari nama-nama yang menjadi teladan di dalam Islam. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages