Cara Kerja, Penjelasan, dan Fungsi Metal Detector Adalah? - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Monday, September 19, 2022

Cara Kerja, Penjelasan, dan Fungsi Metal Detector Adalah?


Dewasa ini, untuk menemukan logam metal hingga emas sudah bisa dilakukan dengan mudah. Pasalnya, saat ini banyak produk metal detector yang bisa Anda temukan di pasaran. Singkatnya, metal detector adalah sebuah perangkat yang bisa Anda gunakan untuk mencari atau menemukan logam mulai dari metal hingga emas.

Ingin tahu penjelasan dan juga cara kerjanya? Nah, di artikel ini kami akan coba membahasnya secara detail bagi Anda yang ingin mengetahuinya lebih detail.

Apa Itu Metal Detector?

Pertama-tama, kami akan coba membahas apa penjelasan dari alat yang satu ini terlebih dahulu. Alat ini pada dasarnya merupakan sebuah perangkat yang dibangun dengan mekanisme tertentu untuk mengetahui keberadaan logam, seperti emas.

Saat ini ada banyak model detektor logam yang ada di pasaran. Mulai dari yang hanya sekedar menemukan logam biasa, hingga untuk menemukan emas pun tersedia dengan berbagai fitur dan teknologi yang berbeda-beda.

Cara Kerja Detektor Logam


Sederhananya, detektor ini memiliki cara kerja yang sederhana, yaitu mentransmisikan alat dengan medan elektromagnetik dari kumparan. Kemudian kumparan tersebut akan mencari logam ke dalam tanah.

Logam adalah target utama dari medan elektromagnetik yang dipancarkan oleh kumparan. Jika target tersebut berhasil ditemukan, maka akan mengirim sinyal ke alat tersebut sehingga alat detektor akan meresponnya dengan suara tertentu sehingga Anda bisa menemukan logam dengan mudah.

Cara kerja dari detektor ini juga tergantung dari berbagai fitur-fitur lain yang terdapat pada detektor tersebut. Berikut akan kami coba jelaskan beberapa fitur yang melengkapinya.

1.  Control Box

Fitur ini berisi elektronik detektor. Perangkat ini mengolah sinyal penerima yang artinya berfungsi untuk memberitahu keberadaan logam yang terdeteksi oleh alat tersebut.

2.  Alat Search Coil

Alat ini berfungsi mentransmisikan medan elektromagnetik ke dalam tanah dan juga menerima medan elektromagnetik dari target atau logam yang ditemukan.

3.  Pancaran Medan Elektromagnetik

Fitur selanjutnya adalah sebuah medan elektromagnetik yang dipancarkan oleh alat tersebut untuk memberikan energi pada target logam yang terdeteksi.

4.  Mendeteksi Keberadaan Target

Target yang kami maksud disini berupa logam baik itu metal maupun jenis logam emas. Alat ini bisa menemukan target di kedalaman tertentu.

5.  Menyingkirkan Target yang Tidak Diinginkan

Beberapa alat yang canggih sudah bisa mencegah beberapa target agar tidak bisa terdeteksi. Contohnya yaitu mengeliminasi target berupa paku, tutup botol, dan sejenisnya. Jadi hanya target terfokus saja yang bisa ditemukan.

6.  Medan Penerima Elektromagnetik

Medan ini biasanya dihasilkan dari target seperti logam yang Anda inginkan. Nantinya target ini akan diterima oleh search coil pada alat terkait.

7.  Respon Target

Pada saat target ditemukan atau terdeteksi, maka pendeteksi logam akan meresponnya dengan cara menghasilkan bunyi bip atau adanya perubahan nada. Beberapa alat yang canggih dan modern saat ini memiliki tampilan visual yang jauh lebih modern dan canggih.

Rekomendasi Logam Detektor Berkualitas

Sedang mencari detektor logam yang bagus untuk pencarian metal biasa maupun emas? Di Minelab Anda bisa menemukan produk yang bagus dan berkualitas. Brand yang satu ini memiliki beberapa pilihan tipe detektor yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Ada banyak tipe yang bisa Anda pilih. Bahkan Anda juga bisa memilih tipe detektor emas berkualitas jempolan dengan tingkat pendeteksian yang benar-benar bagus.

Demikian kami paparkan penjelasan tentang metal detector adalah alat yang bisa mendeteksi emas dan harta karun yang Anda inginkan.
 

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages