SERBA-SERBI TEMPAT WISATA PULAU BINTAN

Posted by Tilang Net on Wednesday, October 29, 2014

Kabupaten Bintan, kota yang terletak di Provinsi Kepualuan Riau ini dahulunya bernama Kabupaten Kepulaua Riau. Untuk menghindari kerancuan nama antara Provinsi yang menaunginya, maka diubahlan menjadi Kabupaten Bintan. Bintan, dikenal oleh dunia sejak berabad-abad yang lalu. Wilayah Bintan yang mempunyai ciri khusus ini menyebabkannya mendapat julukan “Bumi Segantang Lada” yang disematkan untuk menggambarkan banyaknya pulau yang ada di daerah Bintan ini. Kabupaten Bintan memiliki sejumlah sumber daya baik dari segi pariwisata, industry, pertambangan, peternakan, dan perikanan. Dalam bidang pariwisata, kondisi alam yang sangat indah dan eksotis menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang memilih Bintan sebagai destinasi wisatanya. Hal ini berlaku tak hanya bagi wisatawan dalam negeri saja, namun juga bagi wisatawan luar negeri. Pengelolaan tempat wisata yang sudah modern dan kelengkapan fasilitas yang diberikan menjadikan Bitan memang layak untuk dikunjungi.


Di sector industry, Bintan mempunyai kawasan industry di Lobam yang merupakan salah satu lokasi industry dari hasil kerjasama dengan Negara tetangga kita, yaitu Malaysia. Di sini terdapat kurang lebih 4000 ha lahan yang digunakan 32 perusahaan (garmen, elektronik, dll) untuk lokasi pabrik dan industrinya. Dalam bidang perikanan,Bintan juga memiliki peran penting dengan luas perairan kira-kira 95%. Sedangkan pada sector peternakan, Bintan merupakan daerah yang sangat potensial untuk ternak sapi, kambing, babi, itik dan ayam. Dan untuk aset priwisata, Bintan memiliki laut yang luas dengan keindahan yang tak terbatas. Pantai yang dihiasi pasir putih nan bersih dan wisata terumbu karang, menjadi andalan sector pariwisata yang ada di Bintan.

Sejarah Pulau Bintan yang merupakan salah satu pulau yang tersibuk di dunia pada jaman colonial menjadi kawasan yang ramai dan menjadi incaran bagi bayak orang, baik yang ingin berinvestasi maupun sekedar menghabiskan waktu luang dengan berlibur. Termpat-tempat menarik seperti Pulau Penyengat, wisata budaya Maritim, maupun tour menyusuri hutan bakau dengan perahu menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pendatang atau pelancong.

Pulau Penyengat merupakan salah satu tujuan wisata wajib bagi anda yang berkunjung ke Bintan. Di pulau Penyengat ini anda akan menemukan banyak monument bersejarah dan tempat-tempat wisata sejarah yang cocok untuk dikunjungi pelajar maupun anda yang hobi berwisata sejarah. Masjid yang sudah beusia lebih dari 170 tahun, al-Qur’an yang ditulis tangan yang berada di dalam kubah masjid hingga saat ini tetap terpelihara dengan baik dan menjadi bagian yang patut untuk anda ketahui. Jika anda suka dengan wisata alam, tak perlu khawatir. Anda bisa mengambil paket tour mengelilingi hutan bakau dan menikmati ekosistem yang ada di dalamnya degan menggunakan perahu. Banyak spesies burung maupun binatang lainnya yang patut untuk anda simak dan ketahui sebagai bahan pengetahuan tambahan untuk anda. saalah satu jenis burung yang menjadi primadona dalam tour ini adalah burung Helon Ungu. Burung yang merupakan burung terbesar di Asia ini hanya ada di kepulauan Bintan yang memang habitat yang paling sesuai atau cocok untuk burung ini. selain burung Helon Ungu, anda juga bisa mengetahui dan melihat pola hidup monyet silver leaf, kadal monitor, burung Bekakak juga ular kuning bergaris hitam yang hidup di habitat hutan bakau ini. Dari segi budaya, Bintan termasuk dalam kategori memiliki budaya Maritim yang sudah barang tentu menarik untuk di simak. Budaya yang menyajikan kecantikan ekosistem perairan ini banyak dipengaruhi oleh budaya Cina.



Untuk anda yang ingin berkunjung ke Bintan, anda tak perlu khawatir untuk urusan transportasi. Dari manapun anda berada anda dapat mencapai Bintan dengan mudah. Selain menggunakan pesawat hingga Riau, anda diharuskan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan transportasi air untuk bisa sampai di pulau Bintan. Karena perjalanan darat hampir tidak mungkin dilakukan mengingat kondisi geografis Bintan. Ketika sampai di Bintan anda akan mengetahui dan menemukan perpaduan budaya yang unik dan menarik antara Singapura dan Indonesia.

Untuk masalah penginapan anda juga tak usah bingung, sebagai lokasi wisata yang mendunia, Bintan dilengkapi dengan fasilitas penginapan yang lengkap. Mulai dari penginapan ala backpackeran yang murah dengan fasilitas yang memadai, anda juga bisa memilih hotel berkelas yang letaknya tak jauh dari objek wisata tujuan anda.

Jadi anda tak perlu ragu dan khawatir jika ingin berkunjung ke pulau Bintan. Transportasi yang mudah untuk dijangkau, penginapan yang lengkap sesuai ukuran kantong, serta destinasi wista yang lengkap akan menjadi kenangan liburan anda yang tak akan terlupakan. Untuk bisa menikmati liburan ke Bintan, anda juga bisa menggunakan jasa biro perjalanan untuk mengatur perjalanan wisata anda.



B. WISATA PANTAI DI PULAU BINTAN

Bintan sebagai destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi bisa menjadi alternative wisata ala backpakeran kesukaan anda. selain tempat wisata budaya yang disajikan, Bintan juga menyajikan wisata pantai yang sungguh menawan. Beberapa tempat wisata yang layak untuk anda kunjungi di Bintan antara lain:
Pantai Sakera


Pantai yang terletak tak jauh dari kota Lobam ini memiliki panorama yang sungguh menakjubkan. Pantai yang lokasinya dekat dengan pelabuhan ini memang menyajikan pemandangan yang berbeda, kesibukan di pelabuhan, tempat pelelangan ikan, dan hilir mudik pengangkut barang mungkin kurang cocok bagi anda yang ingin mencari suasana tenang dan romantis. Hal yang disayangkan dari pantai Sakera ini adalah masalah kebersihan yang kurang terjaga, mungkin karena berlokasi di dekat pelabuhan. Namun bagi anda yang menyukai suasana hiruk pikuk pelabuhan, kawasan ini cocok untuk anda kunjungi.

Pantai Trikora

Pantai yang lokasinya tak jauh dari kota Tanjung Pinang ini bisa anda tempuh dengan waktu kurang lebih satu jam dari Tanjung Pinang. Pemandangan yang menakjubkan siap anda temui begitu menginjakkan kaki di pantai Trikora ini. Anda dapat menikmati suasa sunset dan sunrise yang mempesona di pantai Trikora ini. Karena banyaknya wisatawan yang mengunjungi Pantai Trikora ini, maka di sini banyak disediakan penginapan dengan harga yang bervariasi. Mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk satu malam. Anda dapat memilih menginap di resort dan cottage selain pilihan hotel atau jenis penginapan lainnya yang ada di Pantai Trikora ini.

Pantai Lagoi

Jika anda pergi ke Bintan, sempatkan untuk mengunjungi Pantai Lagion. Pantai yang diklaim sebagai miniaturnya Singapura ini memang menyajikan pemandagan yang indah. Dikatakan miniature Singapura karena jika anda menginap di Pantai Lagoi ini, anda diharuskan membayar dengan mata uang dollar. Tak hanya ketika anda menginap, ketika anda menikmati layanan wisata lainnya pun, anda juga diharuskan membayar dengan mata uang dollar. Memang terlihat lebih mahal, namun harga yang anda bayarkan menjadi sebanding dengan keindahan yang disajikan di Pantai Lagoi ini. Karena di sini, anda disuguhkan dengan pemandangan pantai dan suasana yang mirip dengan di pulau Bali.

Pulau Penyengat

Satu lagi destinasi wisata yang patut anda kunjungi jika tengah berada di Bintan, yaitu Pulau Penyengat. Di sini anda akan disajikan sebuah suguhan wisata sejarah melalui kebudayaan Melayu yang unik. Pulau yang tak jauh dari kota Tanjung Pinang ini bisa anda tempuh dengan menggunakan jasa penyeberangan dengan hanya membayar 5.000 rupiah saja. Anda dapat mengelilingi pulau ini hanya dengan berjalan kaki mengingat sempitnya pulau Penyengat ini. Anda dapat melihat sisa-sisa peninggaalan jaman kerjaan maupun jaman colonial, misalnya masjid Sultan Riau, Makam Raja Ali Haji, Benteng Bukit Kursi, dan tak lupa Perigi Putri yang indah dan menyimpan cerita sejarah yang bisa anda pelajari.

Jika anda berkunjung ke tempat-tempat tersebut, beberapa pasti akan mengeluhkan masalah penginapan dan transportasi. Anda tak usah takut, anda bisa berkeliling pulau Bintan dengan menyewa sepeda motor atau mobil yang memang banyak disediakan di sana. Harga yang ditawarkan pun bervariasi tergantung fasilitas dan jenis transportasi yang anda sewa.

Sedangkan untuk bermalam di pulau Bintan, anda bisa memilih jenis penginapan sesuai dengan buged yang anda punya. Jika anda berwisata ala bacpakeran anda bisa menyewa penginapan mulai dari harga Rp 300.000 /hari dan sewa sepeda motor Rp 100.000. Anda bisa memilih tempat menginap yang lebih murah jika anda menginap di Lobam, harga per malam yang dipatok penginapan di Lobam berkisar 100 ribu rupah untuk satu malam. Sedangkan penginapan dengan harga yang mahal hanya akan anda temui di pantai Legoi saja, jadi anda bisa memutuskan untuk menginap dimana itu terserah anda dan buged yang anda bawa.

Sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih penginapan di Bintan dengan harga murah, silahkan anda mengunjungi Pelangi Hotel yang beralamat di Jl. D.I Panjaitan KM 6, Tanjung Pinang, Riau. Penginapan ini menawarkan tariff mulau dari 233 ribu rupiah per malam, hingga harga di atas 500 ribu per malam. Fasilitas yang akan anda dapatkan adalah kamar dengan dua bed dan kamar mandi dalam, fasilitas ini rasanya cukup untuk melepas lelah bagi anda yang berwisata ala backpakeran ke Bintan.


C. Penginapan-penginapan Berkelas untuk Honeymoon

Honeymoon atau bulan madu adalah hal menyenangkan dan ditunggu-tunggu bagi pengantin baru. Paket wisata liburan dan beraneka jenis penawaran khusus bulan madu banyak dicari oleh pasangan baru. Bulan madu merupakan hal menyenangkan sesudah kebahagiaan di hari pernikahan. Tempat-tempat indah dan romantis dipilih agar momen bulan madu semakin indah dan tak terlupakan.


Tempat-tempat romantis bulan madu seperti daerah pegunungan, pantai, atau bahkan pusat kota dipilih sebagai tempat untuk lebih dekat dengan pasangan. Kota-kota romantis seperti Venice di Italia atau Paris di Prancis merupakan tujuan bulan madu yang populer. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia pun banyak tempat-tempat eksotis yang cocok digunakan bagi pasangan suami istri baru untuk memadu kasih.

Indonesia sebagai negara kepulauan di daerah tropis memiliki ribuan pantai yang sangat indah. Salah satu pulau paling romantis untuk dijadikan tempat bulan madu adalah Pulau Bintan. Pulau Bintan memiliki keindahan pantai tropis yang memukau. Pantainya yang landai, debur ombaknya yang sedang, lautnya yang jernih, dan pasirnya yang putih membentang sejauh mata memandang. Keindahan alam yang sangat memanjakan mata dan membuat tenang pikiran. Pantainya yang indah apalagi saat matahari terbenam, menciptakan suasana romantis saat menikmati sunset bersama dengan pasangan.


Keindahan bulan madu, selain mengunjungi tempat-tempat yang romantis tak lengkap rasanya tanpa penginapan yang nyaman. Saat berbulan madu, kenyamanan penginapan sangatlah penting, mengingat mungkin akan banyak aktivitas yang dilakukan di penginapan atau akan lebih banyak menghabiskan waktu di penginapan. Di pulau Bintan, banyak tersedia penginapan-penginapan berkelas internasional yang cocok digunakan untuk bulan madu. Berkat fasilitasnya yang bertaraf internasional inilah Bintan telah menjadi salah satu daerah wisata yang terkenal di mancanegara.

Kawasan resor yang paling terkenal dan eksklusif adalah Bintan Resort. Bintan Resort merupakan kawasan privat yang terletak di kawasan pantai bagian utara Pulau Bintan. Kawasan ekskusif ini merupakan tempat penginapan dengan view langsung menghadap ke Laut Cina Selatan yang sangat indah. Bintan Resort memiliki beberapa hotel dalam satu kawasan dengan fasilitas yang berbeda-beda. Areal lahan seluas dua puluh tiga ribu hektar ini merupakan tempat liburan yang mewah lengkap dengan berbagai fasilitas. Menginap di resor ini serasa memiliki pantai pribadi di halaman rumah. Tarif sewa per malam dihitung dalam kurs dolar Singapura.


Selain Bintan Resort ada juga Bintan Argo Beach Resort yang menyediakan tempat nyaman untuk menginap. Menikmati pantai yang biru sambil berenang di pantai yang tenang, serasa berada di pulau pribadi. Tingkat keamanan di resor-resor Pulau Bintan memiliki standar keamanan yang tinggi. Setiap akses keluar masuk resor diawasi dengan ketat. Maka, jangan lupa untuk selalu membawa kartu identitas jika anda berkunjung ke pulau Bintan.

Ada beberapa resor dan hotel mewah yang ada di Pulau Bintan. Semuanya terletak di kawasan utara pulau, tepatnya di pesisir pantai Lagoi. Berikut ini adalah resor dan hotel berkelas internasional yang dapat anda pilih untuk berbulan madu.

  1. Banyan Tree Hotel
  2. Nirwana Resort Hotel
  3. Angsana Resort dan Spa Bintan
  4. Mayang Sari Beach Resort
  5. Mana Mana Beach Club
  6. Indra Maya Villas
  7. Club Med Ria Bintan
  8. Bintan Lodge
  9. Bintan Lagoon Resort Villa
  10. Bintan Lagoon Hotel
  11. Bintan Agro Beach Resort

Fasilitas masing-masing penginapan bertaraf internasional ini berbeda-beda, sesuai dengan konsep yang ditawarkan tiap penginapan. Fasilitas spa, jaccuzzi, kolam renang dan villa bernuansa alami dapat anda temukan di Banyan Tree Hotel. Lapangan golf, water sport dapat anda nikmati di Angsana Resort dan Spa Bintan. Rata-rata tempat-tempat penginapan mewah ini menyediakan fasilitas liburan yang seru dan menyenangkan. Selain untuk rileks, resor dan hotel ini sangat nyaman untuk berbulan madu.

Berbulan madu adalah momen indah yang akan anda ingat seumur hidup. Memilih tempat menginap yang nyaman saat berbulan madu menjadi hal yang utama. Beragam resor dan hotel di atas bisa anda pilih sebagai tempat menginap bulan madu anda. Harga yang ditawarkan per malam memang cukup tinggi. Di resor dan hotel mewah di Bintan, tarif yang digunakan adalah dolar Singapura dan Dolar Amerika. Namun, jika mengingat bulan madu adalah peristiwa penting yang akan anda kenang seumur hidup, biaya yang anda keluarga akan sebanding dengan kenangan yang akan anda simpan.


D. Mengenal Adat-istiadat dan Tradisi Penduduk Pulau Bintan


Pulau Bintan adalah salah satu pulau yang terdapat dalam gugusan kepulauan Riau. Bintan merupakan pulau terbesar di antara pulau-pulau di kepulauan Riau. Pulau Bintan adalah gerbang masuk perdagangan dan kota yang penting di pesisir Sumatra bagian timur setelah kota Palembang dan kota Medan.


Pulau Bintan telah menjadi pusat kegiatan perdagangan sejak zaman kerajaan Melayu Riau. Menilik sejarahnya sebagai pusat pemerintahan kerajaan Melayu Riau, sejak dahulu kebudayaan dan adat-istiadat yang berkembang di pulau ini adalah budaya Melayu. Letaknya yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysia menjadikan pulau Bintan adalah daerah yang strategis. Budaya pun berkembang seiring dengan lalu-lintas perdagangan yang ramai.

Budaya Melayu yang telah ada dan berkembang sejak lama hingga kini masih dijaga dengan baik oleh penduduk Bintan. Masyarakat Melayu sangat menjunjung tinggi adat yang bersumberkan dari nilai-nilai agama. Agama Islam adalah agama yang dianut oleh masyarakat Melayu di Bintan. Tradisi-tradisi Islam sangat kental dalam budaya masyarakat Melayu Pulau Bintan.



Tradisi dan adat-istiadat yang masih dipegang teguh hingga kini adalah mengenai adab kepada orang tua, sikap hidup bergotong-royong dalam masyarakat dan perilaku kehidupan yang harus selalu berpegang pada nilai agama. Perayaan-perayaan yang berhubungan dengan hari besar Islam dilakukan setiap tahun dengan meriah. Tradisi masyarakat Melayu yang religius menjadi ciri utama adat-istiadat yang terdapat di Pulau Bintan.

Secara historis, penduduk Pulau Bintan dalam kekuasaan kerajaan Melayu Riau berperan penting dalam pengembangan bahasa Indonesia yang kita gunakan saat ini. Disebutkan, bahasa Indonesia yang ada saat ini cikal-bakalnya adalah bahasa Melayu yang digunakan oleh masyarakat pulau Bintan. Bahasa yang digunakan masyarakat Pulau Bintan adalah bahasa Melayu Riau. Hingga kini bahasa tersebut masih digunakan sebagai bahasa komunikasi sehari-hari.

Penduduk Pulau Bintan adalah masyarakat Melayu yang religius. Nilai-nilai agama Islam diterapkan dalam setiap lini kehidupan sehari-hari. Dalam setiap kelahiran, rasa syukur dihaturkan kepada sang pencipta dan dilakukan pemotongan kambing pada acara Aqiqahan. Bagi anak-anak diwajibkan mengikuti pelajaran mengaji Al Quran. Jika telah selesai atau khatam dalam membaca kitab Al Quran, dilakukan acara Khataman yang mengundang sanak saudara dan tokoh agama sebagai wujud rasa syukur telah berhasil menyelesaikan membaca kitab suci umat Islam tersebut. Bagi orang Islam, ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang harus dilaksanakan bagi mereka yang mampu. Di Bintan, masyarakatnya telah beribadah haji sejak zaman kerajaan. Memberangkatkan haji atau mengantar calon haji ke tanah suci masih dilakukan dalam acara yang digelar meriah hingga kini. Dalam acara pamitan calon haji ini seluruh keluarga, sanak saudara, kerabat, dan tetangga hadir untuk melepas kepergian calon haji ke tanah suci. Jika telah selesai ibadah berhaji dan tiba di rumah, syukuran pun kembali di gelar. Orang yang baru saja pulang menunaikan ibadah haji rumahnya akan ramai dikunjungi tamu untuk meminta doa sekaligus untuk bersilaturahim. Hingga kini tradisi ini masih terjaga dengan baik dalam masyarakat Pulau Bintan.

Pada perayaan hari-hari besar Islam seperti Maulid Nabi, Idul Fitri, Idul Adha juga dirayakan dengan meriah. Selain berisi kegiatan seperti pengajian, dalam acara perayaan hari besar Islam juga ditampilkan kesenian-kesenian daerah khas Melayu yang juga bernafaskan Islam. Bidang seni budaya tradisional masyarakat Melayu sangat kental dengan nuansa Islam.

Dalam bidang seni kesusteraan, Pulau Bintan adalah salah satu pusat kebudayaan sastra Melayu. Gurindam dua belas raja Haji Ali adalah gurindam terkenal hasil budaya kesusasteraan Melayu yang berasal dari Melayu Riau. Begitu juga pantun. Pantun sangat populer di Pulau Bintan, bahkan ada yang menyebut Bintan sebagai negeri pantun. Pantun masih digunakan hingga kini terutama dalam acara-acara perayaan tradisional seperti pada pernikahan.

Pulau Bintan adalah salah satu pusat perkembangan kesusasteraan Melayu yang penting. Dari Pulau inilah kebudayaan Melayu melalui seni sastranya menyebar ke seantero nusantara. Sastra Melayu merupakan salah satu tonggak terpenting sastra budaya daerah yang mampu berkembang dan bertahan hingga kini. Dari budaya sastra Melayu inilah telah menyumbangkan pengaruh besar bagi berkembangnya sastra Indonesia secara luas. Jadi, dapat dikatakan budaya sastra Melayu yang berasal dari Pulau Bintan adalah salah satu sumber bagi berkembangnya sastra nasional Indonesia.

Penduduk Pulau Bintan adalah masyarakat Melayu yang religius. Masyarakatnya sangat ramah dan terbuka menerima pendatang. Jadi, anda ingin mengetahui budaya Melayu yang sangat kental, anda bisa mengunjungi Pulau Bintan.


E. Pilihan Kegiatan Bahari Hemat di Pulau Bintan

Ke Bintan tanpa menikmati pantai? Itu berarti sia-sia anda pergi ke Bintan. Pulau Bintan memiliki keindahan pantai yang memukau dan sangat indah. Water sport atau olah raga air seperti parasailing, jet ski, surfing, banana boat dan kayaking adalah olah raga air yang begitu lengkap di Bintan. Snorkeling dan diving juga merupakan aktivitas wisatawan selain memancing di perairan yang jernih.


Kawasan Bintan Resort dengan pantai Lagoinya yang terkenal menyediakan seluruh fasilitas olah raga air yang lengkap. Sayangnya, fasilitas tersebut pun seimbang dengan harga yang harus dibayar. Bintan Resort terkenal sebagai resor yang mewah. Tarifnya dalam Dolar Singapura. Maka, tak semua orang dapat menikmatinya. Namun, jangan khawatir. Jika anda tidak memiliki budget terlalu banyak untuk liburan di Pulau Bintan anda tetap dapat melakukan beragam olah raga air tersebut. Beberapa alternatif ini mungkin bisa anda pilih.


Berenang

Berenang di laut bisa anda pilih. Rata-rata seluruh pantai di Bintan memiliki karakter yang sama: jernih, berpasir putih dan tenang. Berenang merupakan olah raga air yang murah meriah. Menikmati hangatnya sinar matahari sambil berenang di air laut yang dingin bisa anda lakukan di pantai-pantai yang landai dan tidak berbatu.

Memancing

Memancing adalah kegiatan refreshing yang menyenangkan. Anda bisa melakukannya di atas batu-batu besar di tepi pantai sambil memandang keindahan panorama laut yang jernih. Hasil tangkapan pun bisa langsung anda nikmati di tepi pantai sambil menunggu sunset.

Diving

Diving yang populer adalah di daerah kepulauan Anambas di Laut Cina Selatan. Kegiatan diving ini memang cukup mahal. Untuk menyiasatinya, anda bisa memilih kegiatan ini ketika ada promo, atau paket kelompok. Ajak teman-teman anda untuk mengikuti kegiatan ini, karena biasanya paket kelompok jauh lebih murah daripada diving secara individu. Jika ingin diving, pastikan anda telah memenuhi seluruh persyaratan penyelaman.

Snorkeling

Snorkeling di pantai Lagoi mungkin hanya untuk mereka yang berkantong tebal. Namun, jangan khawatir, di Bintan terdapat banyak tempat-tempat yang indah untuk bersnolkeling. Cobalah bersnolkeling di Pulau Nikoi yang memiliki karang yang indah. Harga yang ditawarkan pun jauh lebih murah karena dalam kurs rupiah, tidak seperti di kawasan pantai Lagoi yang menggunakan mata uang Dolar Singapura.

Banana Boat, Flying Fish

Untuk banana boat dan flying fish, anda bisa melakukan kedua aktivitas menyenangkan iu secara kelompok dengan teman-teman anda. Jadi, harga sewanya pun akan jauh lebih murah karena ditanggung bersama-sama.

Kayaking

Berkeliling pulau menyusuri pantai menggunakan kayak merupakan pilihan olah raga air yang lain. Sewa kayak relatif murah dibanding sarana olah raga air lainnya. Anda bisa menikmati laut biru yang tenang berdua di atas kayak bersama pasangan atau teman anda. Biaya sewanya pun bisa anda bagi berdua, sehingga semakin menghemat biaya.


Olah raga air atau water sport memang relatif mahal. Jika anda ingin menikmati sarana olah raga air itu, anda bisa menggunakan berbagai alternatif cara agar biaya yang mahal itu bisa dipangkas. Carilah tempat penginapan yang menawarkan atau memiliki fasilitas olah raga air yang bisa anda gunakan tanpa perlu dikenai biaya tambahan lagi alias gratis. Meskipun jarang,, namun ada juga penginapan yang menyediakan fasilitas ini seperti kayaking, atau becak air secara gratis. Ada juga potongan harga yang bisa anda manfaatkan saat ada promo. Jangan malu untuk menanyakan hal ini jika anda hendak melakukan reservasi.

Selain cara di atas, anda dapat juga mengikuti paket wisata yang kini banyak ditawarkan. Paket wisat jauh lebuh murah karena diikuti oleh kelompok wisatawan, sehingga harga yang didapatkan pun jauh lebih murah karena harga kolektif, bukan harga individu. Paket wisata ini biasanya telah lengkap untuk biaya sewa kapal snorkeling dan alat-alat snorkeling.

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan harga yang lebih murah adalah dengan cara patungan. Diving misalnya, jika anda melakukannya berkelompok, sewa kapal pun akan jauh lebih murah karena ditanggung bersama. Kumpulkanlah teman-teman anda yang memiliki hobi yang sama terutama yang menyukai olah raga air ini untuk melakukan wisata dengan anda. Jika tidak, anda bisa berbagi ongkos dengan wisatawan lain yang kebetuluan ada bersama anda. Biasanya, wisatawan lain pun akan menyambut ajakan patungan dengan senang hati karena ongkos akan jauh lebih hemat.

Blog, Updated at: 1:48 AM

0 comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

fb

https://www.facebook.com/Tilangnet-1714307868882437/