Cara Mudah Membuat Resep Ikan Pepes Yang Nikmat - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Monday, September 19, 2016

Cara Mudah Membuat Resep Ikan Pepes Yang Nikmat


Kuliner Indonesia memang kaya akan berbagai masakan nusantara dengan berbagai resep dan bumbu yang berbeda-beda. Dengan beragamnya ini juga membuat masakan setiap masakan yang disajikan berbeda satu sama lain dan pastinya memiliki rasa yang khas dan istimewa. Salah satu resep masakan nusantara yang akan dibuat kali ini yaitu pepes ikan. Walaupun makanan ini sudah banyak yang mengenalnya tetapi jika anda ingin membuatnya sendiri untuk menu makan bersama keluarga anda maka hal-hal berikut bisa anda lakukan.

Dalam membuat masakan nusantara dengan menu pepes ikan berikut ini tahapan yang harus dilakukan :

1. Siapkan ikan yang akan dipepes (nila atau tongkol) dengan dibersihkan terlebih dahulu, setelah itu lumuri seluruh tubuh ikan dengan menggunakan garam dapur dan juga perasan jeruk nipis. Biarkan beberapa saat untuk menghilangkan bau amisnya.
2. Siapkan bumbu halusnya dengan cara di ulek atau diblender, seperi gula merah, bawang putih, bawang merah, ketumbar, minyak sayur, kemiri, pala, sedikit terasi, dan juga berikan garam secukupnya. Semua bumbu diulek sampai benar-benar halus.
3. Bumbu yang telah siap dibagi menjadi dua bagian. Satu bagian untuk melumuri ikan pada bagian luar dan dalamnya. Sedangkan untuk bumbu bagian lainnya dicampurkan dengan bumbu irisan cabai merah besar, jahe yang diiris, bawang merah iris, bawang putih iris, kunyit iris, lengkuas iris, serai iris, dan juga daun bawang iris.
4. Ikan yang telah dilumuri perasan jeruk dan garam lumuri lagi dengan bumbu bagian pertama tadi sampai rata pada bagian dalam dan juga luar ikan.
5. Setelah ikan siap dengan bumbunya lalu bungkus dengan daun pisang yang sebelumnya ikan dipotong sesuai selera.
6. Setelah itu ambil bumbu bagian yang dicampur irisan lalu ditaruh di atas daun psang, kemudian ambil ikan dan taruh bumbu di atasnya.
7. Ambil sisa bumbu halus yang ada dengan irisannya lalu kembali lumuri bagian luarnya dengan ditambahkan daun salam, daun kemangi, dan juga cabai rawit. Tutup dengan daun pisang dan rapikan dengan lidi.
8. Siapkan panci atau dandang yang telah diisi air secukupnya, supaya lebih empuk anda dapat memasukan minyak sayur dua sendok saja. Setelah itu masukan ikan pepes dan biarkan sampai matang. Ikan pepespun siap untuk dihidangkan.
2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages