Resep Kue Cenil Warna Warni yang Menggoda - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Wednesday, March 21, 2018

Resep Kue Cenil Warna Warni yang Menggoda



Video Clip7—Berita  
Rating: 8 out of 10

“Singkong bisa diolah menjadi berbagai makanan tradisional yang manis dan juga gurih. Salah satunya yaitu singkong bisa diolah menjadi kue Cenil. Kue yang memiliki warna-warna yang mencolok seperti warna merah, kuning, hijau dan juga warna lainnya. Kue ini bisa tambah manis apabila ditaburi dengan gula pasir Gulaku”

Kue cenil merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan pati singkong. Makanan tradisional ini memiliki tekstur yang kenyal. Selain itu juga makanan tradisional ini memiliki warna yang mencolok, rasanya yang manis dan juga gurih. Makanan tradisional ini disajikan dengan parutan kelapa dan juga gula merah cair ataupun juga disajikan dengan taburan gula pasir. Penasaran dengan Resep Makanan Tradisional Cenil? maka berikut ini merupakan resep dan cara membuat Cenil.



Untuk bisa mengolah resep makanan tradisional yang satu ini, maka anda bisa mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranya yaitu:

Air bersih secukupnya
400 gram tepung kanji
1 sendok teh garam
Pewarna makanan secukupnya (warna merah, kuning, hijau ataupun juga warna yang lainnya)
8 sampai 10 lembar daun pandan
½ butir kelapa setengah tua
Gula pasir secukupnya (Anda bisa menggunakan Gulaku)

Setelah semua bahan tersedia, maka anda bisa menyiapkan panci untuk merebus air. Selanjutnya masukkan garam ke dalam air yang sedang direbus. Selanjutnya anda masukkan larutan tepung kanji yang telah dilarutkan terlebih dahulu dengan 60 ml air matang. Aduk terus sampai adonan sampai mengenal, kemudian anda bisa mengangkanya. Aduk-aduk kembali sampai adonan mengental secara merata. Selanjutnya masukkan sedikit demi sedikit sisa tepung kanji ke dalam panci dan uleni sampai adonan kalis dan tercampur merata. Langkah berikutnya yaitu anda bisa membagi adonan menjadi 3 bagian ataupun juga lebih. Letakkan ketiga adonan tersebut di wadah yang berbeda-beda. 

Kemudian tuangkan perawatan pada setiap adonan. Aduk pewarna sampai merata. Selanjutnya anda bisa menggulung adonan sampai panjang kemudian potong-potong adonan dan sisihkan. Selanjutnya rebus air dan daun pandan sampai mendidih, kemudian anda bisa memasukkan potongan adonan cenil ke dalam panci rebusan tadi. Rebus sampai matang . Langkah berikutnya bisa mengguling-gulingkan kue cenil ke dalam kelapa parut yang telah dicampurkan garam. Selain itu juga anda bisa menaburkan gula pasir Gulaku dan Cenil pun siap untuk disajikan.

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages