Tips Mama Pintar untuk Menghadapi Anak yang Rewel - Tilang Net

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Wednesday, June 19, 2019

Tips Mama Pintar untuk Menghadapi Anak yang Rewel

Tips Mama Pintar untuk Menghadapi Anak yang Rewel
mama pintar

Sebenarnya suatu hal yang wajar jika sesekali anak rewel karena hal tersebut merupakan salah satu cara mereka untuk berkomunikasi dengan orang dewasa. Saat anak rewel pada umumnya disebabkan karena adanya sesuatu yang ingin mereka katakan atau ungkapkan. Mama pintar tidak akan menangani anak rewel dengan cara yang emosional seperti melakukan kekerasan contohnya membentak, mencubit dan sebagainya.

Kekerasan yang dialami anak saat mereka rewel bisa menyebabkan trauma atau justru membuat mereka menjadi nakal. Nah, sebenarnya ada cara yang tepat untuk mengatasi anak yang rewel sebagai berikut ini.


Cara Mengatasi Anak yang Rewel
Jangan Terpancing Emosi
Saat anak rewel apalagi jika terjadi di tempat umum orang tua jangan ikut terpancing dan menjadi emosi pada anak. Apalagi kemudian memberikan hukuman langsung pada mereka dengan melakukan tindakan kekerasan seperti membentaknya di depan orang banyak. Lebih baik ajak mereka menepi dan tenangkan mereka dengan kata-kata yang lembut. Tanyakan pada anak apa yang mereka inginkan atau mereka rasakan. Bisa jadi mereka rewel karena lapar atau mengantuk.

Ajak Anak Bicara Empat Mata
Sebagai mama pintar harus tahu bahwa sikap terbaik saat anak rewel adalah mengajak mereka bicara. Sebaiknya agar anak lebih leluasa menumpahkan perasaannya ajak mereka bicara berdua saja. Pancing dengan lembut apa yang mereka inginkan dan tetap tenang saat anak mengatakan apa yang sedang dia pikirkan. Jelaskan perlahan jika ada hal yang salah atas keinginan dan sikap mereka.

Peluk Anak
Anak yang rewel bisa jadi karena mereka merasa tidak aman dengan kondisi sekitarnya. Memeluk si kecil akan membuat mereka merasa nyaman dan aman sehingga lebih cepat berhenti dari rewelnya. Pelukan juga akan membuat anak merasa kalau mereka dicintai serta diperhatikan. Beberapa kasus rewel pada anak disebabkan karena si kecil sedang berusaha mencari perhatian dari orang tuanya.

Diamkan Saja
Anak rewel atau tantrum diamkan saja hingga mereka diam sendiri. Sikap yang agak ekstrim tapi hal tersebut akan melatih anak belajar mengatur emosinya. Setelah anak diam baru berikan pengertian pada si kecil.

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages