Takut Salah Beli? Kenali Ciri-Ciri Kalung Berlian Asli Berikut! - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Friday, April 15, 2022

Takut Salah Beli? Kenali Ciri-Ciri Kalung Berlian Asli Berikut!


Kalung berlian adalah perhiasan idaman semua wanita. Bukan hanya karena harganya yang mahal, tapi juga karena keindahannya. Berlian merupakan batu mulia yang mampu menyebarkan cahaya dengan indah ke segala arah. Karena harganya yang mahal dan peminatnya yang tinggi, kalung berlian akhirnya banyak dipalsukan. Jika Anda ingin membeli kalung berlian asli, maka sangat penting untuk mengetahui apa saja ciri-cirinya. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah ciri-ciri kalung berlian yang asli:

Memiliki Kekuatan yang Sangat Baik

Berlian terbuat secara alami melalui proses yang sangat panjang hingga ratusan tahun. Jadi tidak heran jika berlian asli harganya mahal. Prosesnya yang panjang tersebut juga membuat berlian menjadi batu paling keras di Bumi. Kalung berlian tidak akan mudah retak atau pecah karena sedikit benturan. Jika berlian rusak hanya karena sedikit benturan, sudah dipastikan itu berlian palsu.

Tidak Mudah Tergores

Selain memiliki kekuatan yang sangat baik, kalung dengan berlian asli juga tidak mudah tergores. Malah sebaliknya, berlian asli dapat menggores benda lainnya. Apabila kalung yang Anda beli memiliki banyak goresan, maka Anda harus mencurigai nya. Bisa saja kalung tersebut adalah kalung palsu. 

Tahan Panas

Harga kalung berlian wanita yang mahal memang sesuai dengan kualitasnya. Pasalnya berlian memiliki ketahanan tinggi terhadap benturan, goresan, dan juga panas. Berlian asli tidak rusak meskipun terkena panas. Hal tersebut karena berlian asli memiliki struktur yang padat sehingga tidak mudah rusak.

Tidak Menghasilkan Kabut

Ciri kalung berlian yang asli selanjutnya adalah tidak menghasilkan kabut atau tidak berembun. Jadi berlian asli akan selalu kering tanpa terlihat adanya air di dalamnya. Untuk mengetahui ciri-ciri ini, Anda bisa melakukan fog test atau tes embun.

Caranya yaitu dengan menghembuskan napas ke bagian berlian. Setelah itu amati, apakah tersisa embun atau tidak. Berlian asli yang tidak menghasilkan kabut atau embun. Sedangkan berlian palsu meninggalkan kabut beberapa saat. Hal tersebut terjadi karena berlian asli adalah konduktivitas panas yang baik, jadi embun menghilang dengan cepat.

Refleksi Cahaya Berwarna Abu-Abu

Kalung berlian wanita bisa terlihat indah karena mampu memantulkan cahaya dengan baik. Anda perlu mengamati hasil pantulan cahaya tersebut. Berlian asli memiliki refleksi cahaya berwarna abu-abu, sementara berlian palsu atau berlian kualitas rendah biasanya berwarna pelangi. Cara mengetahui refleksinya yaitu dengan melihat berlian dari bagian atas.

Tidak Tembus Pandang

Berlian asli bisa sangat terang karena membiaskan atau membelokkan cahaya. Sedangkan indeks bias itu yang kemudian membuat berlian tidak tembus pandang. Artinya apa yang ada di seberang berlian tidak bisa terlihat. Pada beberapa kalung berlian, Anda bisa mengeceknya dengan tes koran yaitu meletakkan koran di bawah kalung berlian. Jika tulisan terlihat, maka kalung Anda kemungkinan besar palsu atau imitasi. 

Harganya Mahal dan Memiliki Sertifikat

Cara paling mudah untuk mengetahui kalung berlian yang asli adalah dengan melihat harganya. Harga kalung yang asli pasti mahal. Meskipun begitu, harga kalung dipengaruhi oleh kualitas berlian. Jika kualitasnya tidak terlalu baik, bisa saja harganya terjangkau. 

Selain itu, kalung berlian yang asli biasanya memiliki sertifikat dari GIA (Gemological Institute of America) atau AGS (American Gem Society). Di sertifikat tersebut Anda bisa melihat kualitas kalung berlian yang dibeli.

Itulah ciri-ciri kalung berlian asli yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya. Agar aman dan terjamin, sebaiknya beli kalung berlian di toko perhiasan ternama seperti Mondial Jeweler. Brand Mondial adalah brand yang berada di bawah naungan PT Central Mega Kencana yang dikenal dengan brand populer lainnya. Banyak sekali pilihan kalung cantik yang pastinya membuat penampilan Anda semakin menawan. Koleksi Mondial Jeweler bisa Anda lihat di www.mondialjeweler.com.


No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages