Cara Menentukan Niche Market Strategy yang Efektif - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Wednesday, May 18, 2022

Cara Menentukan Niche Market Strategy yang Efektif


Terdapat banyak cara bagi bisnis baru ataupun kecil untuk dapat berkembang menjadi sukses di era sekarang, salah satu caranya dengan menentukan niche market strategy yang dapat membantu mencapai keuntungan lebih besar.

Niche market memungkinkan bisnis atau perusahaan menentukan target pasar yang lebih spesifik dari bagian yang lebih besar, bahkan beberapa bisnis menciptakan niche baru dengan menemukan dan memenuhi kebutuhan pelanggan yang belum ditangani.

Strategi niche market terdiri dari sejumlah besar pembeli potensial yang teridentifikasi tersebar secara geografis maupun status sosial. Lalu, bagaimana cara menentukan strategi niche market untuk meningkatkan keuntungan yang maksimal?

Cara Menentukan Niche Market

Berikut ini ada beberapa cara menentukan niche market strategy bagi yang memulai bisnis baru ataupun mapan, dengan mencari tahu kebutuhan pelanggan dan menentukan target pasar lebih spesifik, yaitu diantaranya meliputi: 

1. Identifikasi Kebutuhan Pelanggan 

Ada beberapa cara untuk melakukan identifikasi kebutuhan pelanggan, salah satunya survei pasar dan komunikasi menanyakan permasalahan yang dialami oleh pelanggan. Setelah itu, kemudian mencari solusi atas permasalahan tersebut agar kebutuhan pelanggan terpenuhi


2.  Target Audiens 

Dalam menentukan strategi niche market maka bisa dengan cara memutuskan untuk menargetkan audiens tertentu dan buka pasar massal. Adapun caranya dengan identifikasi kelompok usia, kebutuhan produk yang akan dipenuhi, dan status sosial para pelanggan.

3. Memilih Area Fokus 

Setelah menentukan targen sudiens, langkah selanjutnya Anda harus mengembagkan area fokus dan deskripsinya tidak boleh terlalu umum. Jangan terlena dengan mengidentifikasi bisnis yang menguntungkan atau dengan pertumbuhan tinggi karena rentan terjadi kesalahan.

4. Uji Pemasaran 

Dalam uji pemasaran, Anda dapat memilih sekelompok pelanggan untuk mendapatkan kesempatan membeli dan menggunakan produk. Adapun caranya dengan memberikan sample produk gratis atau ikut serta dalam pameran dagang untuk mengukur respon pasar.

5. Implementasi Ide di Pasar

Selanjutnya, cara menentukan niche market strategy adalah dengan melakukan implementasi ide di pasar, Anda dapat mengenalkan produk langsung di pasar, atau dengan melakukan kerjasama dengan distributor untuk memperkenalkan produk di pasar.

6. Riset Kompetisi 

Untuk melakukan riset kompetisi caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu mencari kata kunci dari produk atau layanan melalui alat, seperti Google Keyword Planner, Google Trends, dan sebagainya. Cari seberapa besar peluang produk Anda untuk masuk di dalamnya.

7. Evaluasi

Setelah melakukan riset kompetisi dan target teridentifikasi, langkah selanjutnya melakukan evaluasi, apakah cara yang sudah disebutkan diatas sudah sesuai dengan kualitas yang tercantum. Jika belum memenuhi, maka dapat mencoba menciptakan niche baru.

Melalui cara menentukan strategi niche market diatas, setidaknya Anda dapat memilih target lebih spesifik dan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan sehingga dapat mendatangkan keuntungan lebih besar dan setiap kebutuhan pelanggan terpenuhi.
Kesimpulan
Pada dasarnya niche market strategy memiliki keunggulan daripada strategi pemasaran massal, terutama untuk bisnis baru. Pertumbuhan organik dimingkinkan pada niche market, hal ini karena pelanggan akan menyebarkan produk berkualitas dari mulut ke mulut.

Bagi pelaku usaha atau bisnis yang baru pertama kali menggunakan strategi niche market, maka harus memiliki motivasi tinggi, memiliki tujuan dan kemauan, serta berpikir positif dapat melawan segala rintangan di pasar dan dapat memperhitungkan resiko.

Jika Anda masih merasa bingung menentukan strategi niche market, maka sebagai solusi dapat bergabung dengan IDEOWORKS.ID, sebuah perusahaan Full Service Digital Agency yang setiap tahunnya memberikan service yang unggul untuk meningkatkan penjualan produk Anda.


No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages