Kamu Tertarik Kuliah Jurusan Komputer? Ini Prospek Kerja dan Gaji Kamu Nanti! - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Sunday, November 20, 2022

Kamu Tertarik Kuliah Jurusan Komputer? Ini Prospek Kerja dan Gaji Kamu Nanti!


Pada masa seperti sekarang ini tentu menjadi sarjana merupakan salah satu impian setiap orang agar bisa mendapatkan masa depan yang lebih cerah. Namun, sudahkah kamu menentukan program studinya? Kalau belum, langsung saja pilih kuliah jurusan Komputer sebab ini merupakan salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat di dunia Pendidikan. Mungkin kamu akan sedikit bertanya perbedaan antara jurusan Komputer dengan jurusan Teknik Informatika.

Kuliah jurusan Komputer lebih berfokus pada teori dan strategi Ilmu Komputer, mulai dari teknik program hingga analisis algoritma perangkat lunak (software). Menariknya, seorang Fresh Graduate dari jurusan Komputer ini bisa memperoleh gaji dari Rp4 Juta hingga Rp10 Juta. Tertarik?

Jika memang kamu tertarik untuk berkuliah di jurusan ini, coba langsung saja cek Jurusan Ilmu Komputer di Universitas Indonesia yang mana mustahil kampus ini kamu tidak mengetahuinya. Kampus yang terkenal dengan kualitas tingginya baik dari mahasiswa hingga aluminya, terutama program studi Ilmu Komputernya dengan banyak peminat sebab telah meluluskan banyak mahasiswa berbakat hingga menjadi seseorang yang bermanfaat baik bagi perusahaan maupun masyarakat.

Namun, apakah kamu tahu kira-kira apa saja profesi bagi seorang lulusan Ilmu Komputer? Berikut ulasannya.



1. Software Architect

Seorang Software Architect bertugas untuk menegakkan standar teknis sebuah perusahaan, tentu saja dalam hal ini membutuhkan pengetahuan serta keahlian mengenai perangkat lunak dan juga kemahiran dalam coding. Seseorang yang bekerja dalam bidang ini tentu juga harus memahami tentang pola dan prinsip desain.
 
2. Software Developer

Selanjutnya ada profesi Software Developer yang harus memiliki keahlian pada HTML, C++, Java, Python, dan PHP karena ini akan sangat dibutuhkan sekali. Jobdesk yang biasa didapatkan adalah menulis serta debugging code untuk sebuah aplikasi kemudian profesi ini juga harus dapat melakukan modifikasi perangkat lunak, mengujinya, dan mendokumentasikan aplikasi yang ia tangani.
 
3. Devops Engineer

Profesi ini akan bertindak sebagai penghubung antara Developer, staf IT, dan juga tim operasi. Jobdesc pada profesi ini umumnya akan membangun alat dan infrastruktur pengembangan, menguji serta melakukan analisis kode sebelum diterapkan. Seorang Devops Engineer harus bisa mengotomatisasi proses pengembangan serta memantau segala proses di seluruh siklus pengembangan perangkat lunak pada sebuah perusahaan.
 
4. Security Engineer

Seorang Security Engineer akan bertanggung jawab dengan penerapan strategi terbaik agar jaringan internal sebuah perusahaan terlindung dengan baik dari segala macam kebocoran data yang tentunya sangat tidak diinginkan oleh setiap perusahaan.

5. Mobile Application Developer

Apabila kamu berminat menjadi seorang Mobile Application Developer, maka jobdesk yang akan kamu emban nanti yaitu mulai dari pembuatan hingga pengembangan aplikasi yang nantinya akan digunakan pada perangkat seluler atau Handphone. Tidak hanya sebatas coding saja, tapi Operating System (OS) jadi seorang mobile application developer harus memahami pengalaman pengguna aplikasi tersebut sehingga ia bisa membuat aplikasi yang sesuai dengan harapan pengguna.
 
6. Software Development Engineer

Apabila nantinya kamu akan berkuliah di jurusan komputer dan lulus menjadi seorang software development engineer, maka kamu akan bekerja di sebuah industri untuk merancang, membangun, memelihara sistem, serta tentunya software pada organisasi. Jobdesc pada profesi ini sangatlah variatif dan bergantung pada keterampilan mulai dari ilmu komputer hingga analisis informasi dan juga teknik komputer.
 
6 profesi tersebut merupakan sebagian dari sekian banyak profesi yang ada bagi mahasiswa lulusan Ilmu Komputer. Sebagai lulusan Ilmu Komputer selain bekerja di perusahaan swasta, tentu saja kamu akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja di BUMN yang menjadi harapan orang banyak.

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages