Upacara Ngaben: Tradisi Kremasi Umat Hindu Bali Penuh Makna - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Thursday, February 8, 2024

Upacara Ngaben: Tradisi Kremasi Umat Hindu Bali Penuh Makna

Upacara Ngaben

Upacara Ngaben merupakan ritual kremasi yang dilakukan oleh umat Hindu di Bali. Upacara ini bukan hanya tradisi, tetapi juga bagian dari keyakinan Hindu untuk mengantarkan jiwa orang yang meninggal menuju alam baka.


Makna Upacara Ngaben


Upacara Ngaben memiliki makna yang mendalam bagi umat Hindu Bali. Dipercaya bahwa dengan membakar jenazah, jiwa (atma) orang yang meninggal akan terbebas dari ikatan duniawi dan mencapai moksa (keselamatan). Api pembakaran melambangkan penyucian dan pelepasan jiwa.


Tahapan Upacara Ngaben


Upacara Ngaben terdiri dari beberapa tahapan, yang diawali dengan memandikan jenazah, memandikan bade (wadah jenazah), dan prosesi mepejati (memercikkan air suci). Selanjutnya, jenazah diarak menuju tempat kremasi, diiringi dengan gamelan dan tarian tradisional.


Jenis-jenis Upacara Ngaben


Terdapat beberapa jenis Upacara Ngaben, di antaranya:


  • Ngaben Sawa Wedana: Upacara Ngaben yang dilakukan sesegera mungkin setelah kematian.

  • Ngaben Ngingsah: Upacara Ngaben yang dilakukan setelah beberapa hari kematian.

  • Ngaben Pelebon: Upacara Ngaben yang dilakukan secara massal.

  • Upacara Ngaben: Warisan Budaya yang Perlu Dilestarikan


Upacara Ngaben merupakan warisan budaya Bali yang perlu dilestarikan. Upacara ini bukan hanya tradisi, tetapi juga mengandung nilai-nilai spiritual dan filosofis yang mendalam.


Semoga artikel ini bermanfaat!


No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages