Pentingnya Asupan Zat Besi Bagi Pertumbuhan Anak

Posted by Tilang Net on Kamis, 15 September 2016

Pada masa pertumbuhan, para orang tua harus memberikan asupan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang anak. Salah satu nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh anak adalah zat besi. Zat besi sangatlah penting bagi si kecil, karena dengan zat besi tubuh akan mudah memproduksi hemoglobin yaitu pigmen dalam darah yang mana berfungsi untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh, serta mioglobin yang berfungsi untuk menyimpan oksigen di dalam otot. Anak yang kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia yang mana dapat membuatnya merasa lelah dan mudah marah. Maka dari itu, pentingnya anak untuk mendapatkan asupan zat besi yang cukup bagi tubuhnya. Asupan zat besi pada anak tentunya berbeda-beda, tergantung usianya. Untuk anak usia 1 sampai 3 tahun, anak membutuhkan asupan zat besi sebanyak 7 mg perharinya. Sedangkan anak usia 4 sampai 8 tahun, memerlukan zat besi sebanyak 10 mg per harinya.



Setelah anda mengetahui pentingnya zat besi bagi tumbuh kembang anak, maka sebaiknya para ibu menyajikan asupan makanan yang mengandung zat besi setiap harinya agar kebutuhan akan zat besi tercukupi. Beberapa makanan yang mengandung zat besi yang cukup tinggi diantaranya tahu, kedelai, sereal fortifikasi, oatmeal fortifikasi, kacang merah, bayam, daging sapi, kacang hitam, kacang pinto, kacang garbanzo, kismis, dan roti gandum. Agar zat besi dapat terserap baik oleh tubuh, anak juga harus mengkonsumsi vitamin C yang cukup. Beberapa asupan makanan yang mengandung vitamin C adalah jeruk, strawberry, pepaya, melon, tomat, mangga, paprika merah, brokoli, dan kentang.

Sekarang anda sudah mengetahui betapa pentingnya asupan zat besi bagi si kecil, pastikan ia mendapatkan asupan zat besi yang cukup agar tumbuh kembang anak tidak terganggu. Karena jika anak kekurangan zat besi, maka akan berdampak buruk pada tubuhnya salah satunya dapat menyebabkan anemia. Ibu bisa mengenali tanda-tanda yang ditimbulkan apabila anak anda kekurangan zat besi, seperti anak menjadi lemah dan mudah capek, pucat, nafsu makan menurun, bernafas dengan pendek serta cepat, detak jantung tidak beraturan, serta terdapat peradangan pada lidah. Jika itu terjadi anda bisa mengatasinya dengan memberikan asi bagi anak usia dibawah 6 bulan, dan untuk anak usia diatas 6 bulan dengan memberikan makanan yang mengandung zat besi yang tinggi. Semoga bermanfaat!

Blog, Updated at: 00.22
2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

fb

https://www.facebook.com/Tilangnet-1714307868882437/