Pola Asuh Anak yang Tepat Untuk Generasi Hebat - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Friday, September 2, 2016

Pola Asuh Anak yang Tepat Untuk Generasi Hebat


Tumbuh kembang seorang anak yang optimal dapat disertai dengan pola asuh yang baik. Pola asuh anak merupakan suatu pola ataupun perilaku dan sikap yang diterapkan oleh kedua orang tua saat berinteraksi dengan anak. Hal tersebut seperti cara menerapkan aturan yang benar, mengajarkan nilai ataupun norma di dalam kehidupan sehari-hari, memberikan kasih sayang yang tulus, serta menunjukkan sikap maupun perilaku yang baik sehingg bisa dijadikan contoh serta panutan untuk anak. Pola asuh pun juga sangat dipengaruhi oleh orang tua yang dapat mengontrol anaknya dengan baik. Sebagai orang tua maka jangan lah terlalu memaksakan kehendak anak serta mengikat kegiatan anak. 

Ini bisa mengakibatkan anak akan merasa tak bebas dalam berkreasi, tak mandiri, dan juga bisa menghambat pertumbuhan anak. Diketahui bahwa pola asuh yang tepat adalah pola asuh yang dapat memberikan kesempatan untuk anak dapat berkreasi sekaligus memberikannya batasan supaya ia tetap tahu mengenai nilai-nilai. Pola seperti itu pun akan menjadikan anak merasa diberi kebebasan untuk berkerasi dan juga hubungan antara orang tua dan juga anak yang menjadi harmonis. 

Di sisi lain pun anak akan diberi batasan sehingga ia akan tetap tahu mana hal-hal yang benar dan juga mana hal-hal yang buruk. Selain masalah kontrol, ada hal lain yang berkaitan dengan pola asuh ialah sejauh mana keterlibatan orang tua di dalam mengontrol maupun menerapkan aturan serta disiplin kepada sang anak. Untuk menerapkan pola asuh anak yang baik ini memang tergantung dari usia maupun kondisi anak. Misal anak dengan usia 1-3 tahu maka orang tua akan menerapkan pola yang sepenuhnya terlibat karena anak akan membutuhkan bimbingan serta arahan. 

Lain halnya dengan anak usia 3-6 tahun di mana secara perlahan orang tua harus bisa membiarkan serta mengawasi bila ada kesalahan kecil yang dilakukan oleh anak seperti ketika anak akan maka, memakai baju, ataupun saat berbicara kepada orang lain. Dengan begitu, anak bisa tumbuh serta berkembang dengan baik berkat pola asuh yang tepat pula.
2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages