Tips Mengasuh Anak Saat Mulai Sekolah

Posted by Tilang Net on Wednesday, July 19, 2017

Tips Mengasuh Anak Saat Mulai Sekolah

Diantara beberapa tanggung jawab orang tua, tanggung jawab mendidik anak merupakan tanggung jawab yang paling berat. Setiap orang tua tentu saja memiliki keinginan berhasil dalam mendidik anaknya menjadi pribadi yang baik. Akan tetapi, dalam mendidik anak tentu saja tidak semudah yang dibayangkan. 

Beberapa hal tak terduga bisa saja terjadi sebab selain diri kita, lingkungn bisa jadi turut mewarnai perkembangan anak. Yang dilakukan orang tua hanya bsa menyesuaikan pola asuh anak yang dilakukannya dengan usia dan kebutuhan perkembangan yang dihadapinya. Saat anak akan memasuki sekolah atau bisa dikatakan sebagai pra sekolah. Beberapa hal penting mesti dilakukan orang tua dalam mengasuh anak saat mulai bersekolah.

Pertama, sebelum mengantar anak ke sekolah pastikan anak anda memiliki motivasi untuk sekolah jangan sampai anak pergi ke sekolah hanya dengan pakasaan orang tua. Mungkin untuk pertama kali akan terasa berat mengendalikan anak supaya mau bersekolah, akan tetapi beberapa bujukan bisa dilakukan selama itu tidak berlebihan. 

Kedua, Saat mulai bersekolah amati perkembangan anak karena saat bersekolah dipastikan anak mulai mengenal dan berinteraksi dengan orang lain di luar orang tua dan keluarga. 

Ketiga, berikan kebebasan pada anak untuk mengarahkan dirinya pada berbagai hal yang diminatinya, jangan terlalu menuntut dan memaksa. Terlalu banyak memaksa dan menuntut merupakan pola asuh anak yang bisa berakibat buruk pada perkembangan psikis anak. Sebagai orang tua anda hanya mengarahkan jika apa yang dilakukan anak merupakan hal yang kurang baik.

Saat anak mulai bersekolah tentu saja orang tua harus mempercayakan proses pendidikan anak kepada pihak sekolah. Mempercayakan pendidikan anak kepada pihak sekolah dapat menjadikan anak lebih leluasa berkembang sesuai alamnya. Akan tetapi walau demikian bukan berarti orang tua kehilangan tanggung jawab sepenuhnya. 

Karena orang tua harus mendukung dan turut megawasi perkembangan anak dengan menerapkan pola asuh anak yang sesuai dengan tahap dan usia perkembangannya tanpa membatasi anak dengan pola pendidikan dan pola asuh di sekolah yang diberikan oleh gurunya.

Blog, Updated at: 1:14 AM

0 comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

fb

https://www.facebook.com/Tilangnet-1714307868882437/