Lulusan SMA Wajib Baca, Inilah Kelebihan Kuliah D3 Dan Ekstensi D3 Ke S1 - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Thursday, June 18, 2020

Lulusan SMA Wajib Baca, Inilah Kelebihan Kuliah D3 Dan Ekstensi D3 Ke S1


ekstensi d3 ke s1
Bagi para siswa SMA pasti sudah sering mendengar sekaligus disarankan untuk mengikuti perkuliahan dengan program Sarjana atau S1. Namun, masih sedikit pengetahuan mengenai apa itu program vokasi atau diploma 3 (D3) yang ternyata juga memiliki berbagai keuntungan yang tak jauh berbeda dari S1. Untuk itu, kali ini kita akan secara khusus membahas apa saja yang menjadi kelebihan dari kuliah D3 dan ekstensi D3 ke S1 .

Mungkin bagi Siswa kejuruan atau SMK pasti sudah tidak asing lagi dengan program kuliah diploma 3 ini. Karena, dengan mengikuti program diploma 3 biasanya mahasiswa akan ditempah dan disiapkan untuk langsung bekerja di lapangan. Namun, bagi lulusan SMA rasanya diploma 3 menjadi pilihan yang kurang populer. 

Jadi, bagi yang baru lulus SMA dan masih bingung mau mengikuti pendidikan yang mana, maka tak ada salahnya untuk membaca lebih lanjut mengenai keuntungan kuliah D3 yang akan disampaikan oleh IDS Digital College berikut ini. Antara lain: 

1. D3 memiliki jurusan eksklusif yang tak ditemukan dimanapun 


Tahukah Anda, bahwa program vokasi atau diploma 3 ini diciptakan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih spesifik dibandingkan dengan S1. Maka dari itu, ada beberapa jurusan atau mata kuliah yang secara khusus yang dimiliki di D3 dan tidak dimiliki oleh S1. Seperti misalnya jurusan broadcasting, jurusan periklanan, Fashion, fashion business, perpajakan, hingga ilmu teknologi informasi yang lebih spesifik seperti yang ditawarkan oleh IDS Digital College.

Bahkan, jika di S1 hanya ada jurusan akuntansi, maka pada diploma 3 ini terdapat lebih banyak jurusan turunan dari akuntansi tersebut, seperti akuntansi teknologi sistem informasi, akuntansi publik, dan lain sebagainya. 

2. Memiliki masa kuliah yang lebih singkat 


Jika S1 memiliki rentang masa perkuliahan antara 4 hingga 4,5 tahun, maka D3 jauh lebih cepat yakni hanya sekitar 3 tahun. Lantas,mengapa masa perkuliahan D3 lebih cepat dibanding S1? Jawabannya tentu karena lulusan D3 dibentuk untuk siap kerja, sudah terbiasa di lapangan, dan tidak terlalu banyak teori, sehingga akan lebih cepat dan lebih mudah untuk langsung lulus dan mendapatkan pekerjaan. 

Sebagai contoh, jika seseorang lulus D3 sementara temannya masih mengikuti perkuliahan di S1, maka orang yang lulusan D3 akan lebih cepat mendapatkan kerja. Sehingga ketika sarjana S1 baru melamar kerja, lulusan D3 malah sudah memiliki pangkat yang bagus. Cukup menarik bukan? 

3. Memiliki program ekstensi 


Banyak orang yang menganggap bahwa mengikuti perkuliahan D3 maka tingkat pendidikannya hanya berakhir disitu saja. Padahal faktanya, lulusan D3 mampu melangkah lebih jauh menuju S1, S2, dan bahkan hingga meraih gelar profesor atau S3. Semua itu, bisa dilakukan dengan ekstensi D3 ke S1 yang saat ini sudah banyak dilakukan oleh berbagai universitas, dan kampus lainnya. 

Jadi, jangan takut untuk memilih program D3 di awal, dan kemudian melanjutkan jenjang pendidikan dengan ekstensi S1. Bahkan program ini bisa dilakukan dengan sistem kerja sambil kuliah dimana Anda bisa mengatur sendiri jadwal perkuliahan yang diinginkan. 

4. Lebih banyak kesempatan magang dan kuliah sambil kerja 


Karena lebih banyak praktek, maka kesempatan untuk para mahasiswa D3 mendapatkan pekerjaan sampingan saat kuliah menjadi lebih mudah. Mulai dari magang, hingga memang kerja nyata yang dilakukan saat masa kuliah. Biasanya, para dosen pun akan mengajak mahasiswa untuk terjun langsung dalam proyek-proyek mereka. Sehingga jangan heran, kalau lulusan D3 lebih siap untuk menghadapi pekerjaan secara langsung. 

5. Tidak ada Skripsi!


Hal terakhir ini mungkin yang paling disukai oleh para mahasiswa D3, karena disini tidak ada yang namanya skripsi seperti di S1. Akan tetapi, terdapat tugas karya akhir yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa yang berupa laporan magang, ataupun dimintauntuk membuat suatu karya dari apa yang telah dipelajari selama masa perkuliahan.

Jadi, setelah membaca informasi diatas, apakah Anda berminat untuk mencoba kuliah D3? Jika Anda tertarik dengan teknik informatika dan sejenisnya, atau hendak mengikuti ekstensi D3 ke S1 teknik informatika, maka bisa langsung bergabung bersama IDS Digital College dengan mengunjungi website www.ids.ac.id sekarang juga, atau bisa langsung mendaftar di link berikut ini https://ids.ac.id/registration-form/  dan cari tahu program kuliah yang terbaik untuk Anda. 

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages