Serva-serbi Bunga Deposito Tinggi Dan Ketentuan Lainnya - Tilang Net

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Friday, August 21, 2020

Serva-serbi Bunga Deposito Tinggi Dan Ketentuan Lainnya

bunga deposito

Kalau Anda berpikir soal investasi, pasti sudah familiar dengan deposito. Istilah bunga deposito sudah familiar karena berkaitan dengan layanan perbankan. Secara umum, Anda bisa mendapatkannya jika memiliki deposito di bank. Ini adalah bentuk imbalan dari investasi pasif yang menjadi pilihan banyak orang. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang deposito dan bunganya, simak ulasan berikut ini:

Apa Itu Deposito?

Orang sering mengira deposito dan tabungan adalah sama secara konsep. Meskipun tampak mirip, keduanya berawal dari pendekatan berbeda. Tabungan adalah nasabah menyimpan uang. Aktivitas ini mirip ketika Anda memasukkan uang ke celengan. Anda tidak berharap uang tersebut bertambah karena memang tujuan utama adalah menyimpan.

Sebaliknya, deposito lebih dari sekadar simpanan karena pemilik uang menginginkan imbalan. Anda memberikan sejumlah uang dalam periode tertentu kepada bank sebagai investasi. Uang tersebut bukan lagi sebagai simpanan tetapi beralih menjadi modal. Ketika Anda memberikan modal untuk usaha, ekspektasinya adalah keuntungan. Inilah yang membedakan antara deposito dan simpanan di bank. Bunga adalah bentuk imbalan sekian persen dari modal atau jumlah uang yang didepositokan.

bunga deposito


Jenis Penempatan Deposito

Bank Sinarmas membuat inovasi yaitu deposito online. Secara prinsip, sistem dan konsep sama saja dengan deposito pada umumnya. Akan tetapi, akses ini hanya untuk nasabah yang telah memiliki internet banking. Anda harus memenuhi persyaratan agar bisa memilih deposito tipe tersebut. 
Deposito memiliki beberapa penempatan. Nasabah memilih opsi sesuai dengan apa yang dibutuhkan. 

Daftar berikut menunjukkan jenis penempatan untuk deposito di bank sinarmas.

Automatic Roll Over

Di layanan deposito online, nasabah bisa memilih automatic roll over. Pilihan ini akan secara otomatis memperpanjang deposito dengan jangka waktu yang sama. Misalkan, Anda memilih deposito 6 bulan dan setelah jatuh tempo akan dilanjutkan 6 bulan. Namun, bunga tidak ikut serta dalam deposito selanjutnya. Bank akan mengirim bunga ke rekening tersendiri.

Non ARO

Sistem selanjutnya adalah non aro. Ini kebalikan dari sistem pertama. Anda hanya menggunakan deposito untuk satu periode. Sebagai contoh, nasabah menempatkan deposito online untuk 3 bulan. Setelah jatuh tempo, dana dan bunga tidak lagi menjadi bagian dari layanan deposito.

ARO dan interest

Penempatan terakhir adalah ARO dan interest. Ini adalah aro dengan mengikutsertakan bunga untuk periode deposito selanjutnya. Dengan cara ini, uang Anda akan bertambah secara eksponensial. Sistemnya mirip aro yaitu deposito secara otomatis aktif dengan jangka waktu yang sama kecuali nasabah mengubahnya

Saat memilih aro, Anda masih bisa mengubah opsi ke bentuk lain misalnya dari 3 bulan ke 6 bulan. Nasabah menghubungi bank jika deposito masih bersifat konvensional. Untuk deposito online, sistem tersedia secara otomatis. Kesempatan nasabah adalah maksimal satu hari sebelum jatuh tempo. Hari libur tetap bisa diakses hanya perhitungan masuk ke hari kerja berikutnya.

Bunga Deposito Dan Ketentuan Lain

Anda sudah mengetahui tujuan akhir dari deposito adalah bunga. Di Bank Sinarmas, bunga deposito memiliki beberapa ketentuan termasuk sistem online. Pertama, bunga menggunakan persentase untuk 12 tahun. Untuk deposito kelipatan 3 dan 6 bulan, bunga akan disesuaikan. Jangka waktu pendek cenderung memiliki bunga lebih kecil. Di bank ini, nasabah bisa memilih sistem deposito hingga 36 bulan. 

Semakin banyak yang disimpan maka jumlah bunga juga besar. Kemudahan di layanan ini adalah deposito cukup dengan 500 ribu. Pihak Sinarmas menyadari bahwa banyak nasabah ingin layanan deposito tetapi terkendala jumlah minimal. Sistem online menjadi solusi terbaik untuk kondisi tersebut. Selanjutnya, Anda bisa melakukan deposito dengan mata uang asing.

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages