Yang Harus Dilakukan Saat Anak Terlambat Bicara - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Sunday, August 9, 2020

Yang Harus Dilakukan Saat Anak Terlambat Bicara

anak terlambat bicara

Tidak dipungkiri jika perkembangan pada anak mengalami fase yang berbeda beda. Akan tetapi, sebaiknya bunda juga mengacu pada aturan standar guna bisa memberikan solusi sebelum terlambat. Salah satu hal yang cukup meresahkan pada orang tua adalah masalah anak terlambat bicara dimana untuk yang satu ini memang dirasa cukup mengkhawatirkan. Akan tetapi, sebelum terburu buru melakukan terapi ada baiknya bunda mengetahui apa yang menjadi penyebab si kecil tak kunjung mengeluarkan sepatah dua kata pun.

Umumnya, jika si kecil tumbuh dalam lingkungan yang menggunakan dua bahasa sering mengalami masalah keterlambatan bicara. Maksud dari terlambat bicara ini adalah hanya mengucapkan satu atau dua kata atau bisa juga tidak mengucapkan sama sekali. Untuk itu, ada upaya aktif yang harus dilakukan oleh orang tua agar si kecil tidak terlambat bicara. Apa saja yang harus dilakukan?



Belajar sambil bermain

Dunia anak adalah bermain. Artinya, ajak si kecil untuk bermain sambil mengajarkan tentang kata yang memang perlu diucapkan sesuai dengan usianya. Misalnya saja usia 6 bulan maka kenalkan si kecil dengan kosa kata baru setiap hari. Jangan memaksakan kehendak atau memarahinya jika ternyata si kecil tidak menurutinya.

Ajak bermain dengan teman

Salah satu upaya guna mencegah anak terlambat bicara adalah dengan mengajak bermain yang seusia dengan si kecil. Biasanya, anak akan mudah beradaptasi dengan temannya dibandingkan dengan mereka yang berada jauh di atas usianya.

Sebenarnya cukup banyak tips yang bisa dilakukan seperti memberikan pijatan lembut pada telinga misalnya. Secara psikis memang sepertinya tidak ada hubungannya namun secara medis bisa saja melonggarkan syaraf yang ada pada daun telinga si kecil.

Peran orang tua sangatlah penting guna mencegah terjadinya kasus anak terlambat bicara sehingga tak perlu langsung mengunjungi dokter spesialis. Bermain bersama dengan menggunakan media atau menari adalah sebagian trk yang bisa dikerjakan. Hanya saja, tetap memperhatikan kondisi atau waktu normal agar si kecil tak mengalami keterlambatan penanganan dengan tepat.

Anak terlambat bicara bisa diatasi dengan berbagai cara dan salah satunya adalah mengajak bermain sambil belajar. Dapatkan disini tips dan panduan lainnya sekarang juga agar tidak terlambat penanganannya.

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages