Perbedaan Susu Sapi dan Susu Soya untuk Anak - Tilang Net

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Thursday, September 17, 2020

Perbedaan Susu Sapi dan Susu Soya untuk Anak



Pada umumnya, anak-anak yang berada pada usia pertumbuhan disarankan untuk minum susu. Sebab jika hanya mengandalkan ASI saja, asupan lemak yang dibutuhkan akan kurang untuk mendukung tumbuh kembangnya. Oleh karena itu diperlukan asupan tambahan dari luar seperti susu pendamping ASI Dancow.

Susu Dancow sebagai asupan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian sendiri terdiri dari dua macam, yaitu susu sapi dan susu soya. Lalu dari keduanya manakah yang paling tepat dikonsumsi oleh anak? Jika anak anda tidak memiliki alergi seperti intoleransi laktosa, maka disarankan untuk minum susu sapi. Begitupun sebaliknya, jika mengalami intoleransi maka sebaiknya dialihkan untuk mengkonsumsi susu soya atau susu kedelai.




Perbedaan antara susu sapi dengan susu soya

1. Susu sapi lebih banyak mengandung protein dibandingkan susu soya

Susu sapi memiliki kandungan protein serta kalsium yang tinggi untuk pertumbuhan tulang pada anak. Pada segelas susu sapi setidaknya terdapat 30% kebutuhan kalsium harian dan 8 gram kandungan protein.

Sementara untuk susu soya yang berasal dari kacang-kacangan,, yakni kacang kedelai dapat dijadikan sebagai pengganti dari susu sapi. Sebab jumlah kandungan protein yang terdapat dalam susu soya hampir sama dengan susu sapi,yakni sebanyak 6 gram.

2. Kandungan lemak susu sapi lebih banyak dibandingkan susu soya

Dibandingkan dengan susu sapi, susu soya memiliki kandungan lemak yang rendah. Dan pada dasarnya seorang bayi dan balita tetap membutuhkan lemak yang digunakan sebagai sumber energi pada masa-masa pertumbuhannya. Oleh karena itu, jika anak anda tidak memiliki alergi pada susu sapi, maka disarankan untuk memberikan susu sapi karena kandungan lemak di dalamnya lebih banyak.

3. Susu sapi dapat menyebabkan alergi, sedangkan susu soya tidak

Karena memiliki kandungan protein yang banyak seperti kasein dan whey, membuat  sebagian besar susu sapi dapat menyebabkan alergi. Kedua protein ini terdapat pada susu sapi, namun tidak ditemukan dalam susu soya. Beberapa gejala yang bisa timbul akibat anak alergi susu sapi seperti muncul ruam, reaksi diare, sulit bernapas dan mata berair.

Memilih susu yang tepat untuk anak seperti Dancow, pada dasarnya tergantung pada beberapa pertimbangan. Seperti usia, pola makan, adanya alergi atau tidak dan sebagainya. Dengan adanya pertimbangan tersebut, maka anda akan lebih mudah dalam memilih susu yang sesuai untuk mendukung tumbuh kembang anak.



No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages