Sumber Makanan Bergizi untuk Si Kecil - Tilang Net

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Wednesday, September 23, 2020

Sumber Makanan Bergizi untuk Si Kecil



Makanan bergizi seimbang penting bagi si Kecil untuk mendukung pertumbuhan dan juga perkembangan di usia emas. Meski pada umumnya di usia balita pertumbuhan fisik sudah melambat namun si Kecil masih membutuhkan gizi yang cukup dan seimbang untuk tumbuh kembang yang optimal. Makanan yang bisa dikatakan bergizi dan sehat adalah makanan utama yang memiliki kandungan penting untuk tubuh si Kecil.


Berikut ini adalah lima makanan utama sebagai sumber makanan bergizi:



  • Karbohidrat


Karbohidrat merupakan nutrisi yang membantu si Kecil mendapatkan energi setiap hari. Saran penyajian nutrisi ini adalah 6 hingga 11 porsi per hari yang terdiri dari ½ cangkir pasta atau nasi, satu potong roti, atau 30 gram sereal.


  • Protein


Selain karbohidrat, protein juga menjadi sumber nutrisi penting bagi si Kecil. Saran penyajian protein pada si Kecil yaitu 2-3 porsi dalam sehari yang terdiri dari 60-90 gram daging ayam, daging merah, serta ikan. Satu porsi protein ini juga bisa diberikan dalam bentuk satu buah telur, ½ cangkir kacang-kacangan, atau 4-6 sendok makan selai kacang.


  • Sayuran


Sayuran untuk si Kecil diberikan sebanyak 3 hingga 5 porsi selama sehari. Satu porsi terdiri dari ¾ cangkir jus sayur, satu cangkir dedaunan, atau ½ cangkir sayur lain. Mam bisa memberikan sayur lain tersebut dalam potongan mentah, contohnya yaitu mentimun.


  • Buah


Berbeda dengan sayur, si Kecil hanya membutuhkan asupan buah sebanyak 2-4 porsi per hari. Satu porsi buah bisa Mam berikan dalam bentuk ¾ cangkir jus buah, ½ cangkir buah yang telah dipotong, atau 1 buah apel berukuran sedang. Selain apel, buah berukuran sedang yang bisa Mam berikan pada si Kecil yaitu seperti pir atau pisang.


  • Susu dan Produk Olahannya


Susu bisa dikonsumsi sebanyak 2-3 porsi dalam sehari. Satu porsi dapat berupa 45 gram keju, 1 cangkir susu, atau 1 cangkir yoghurt. Namun konsumsi susu sebaiknya dibatasi maksimal 500 ml per hari.


Itulah sumber makanan bergizi yang perlu Mam penuhi agar tumbuh kembang si Kecil berjalan dengan optimal. Jangan lupa untuk memilih susu pertumbuhan terbaik yang mengandung berbagai nutrisi penting agar pertumbuhannya semakin maksimal. Salah satu rekomendasi produk susu pertumbuhan yang bisa Mam jadikan pilihan adalah produk susu dari brand Wyeth Nutrition. Lebih lengkapnya mengenai produk dari brand satu ini bisa Mam lihat langsung di website wyethnutrition.co.id.


No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages