Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak dengan Perawatan Rumahan - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Thursday, February 25, 2021

Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak dengan Perawatan Rumahan

Sistem kekebalan tubuh yang dimiliki oleh anak-anak tentu saja tidak sekuat orang dewasa. Oleh sebab itu, mereka lebih mudah terkena beberapa masalah kesehatan dibandingkan orang dewasa. Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak adalah sakit perut. Agar pertumbuhan dan perkembangan mereka tidak terganggu, Anda harus segera mencari cara mengatasi sakit perut pada anak.


Sebelum melakukan pengobatan, Anda harus mengetahui kondisi si Kecil. Apabila rasa sakit terasa seperti kram di perut dan disertai dengan diare maka hal tersebut bisa saja disebabkan oleh gas yang ada di perut menyebabkan kembung. Sedangkan jika nyeri terasa di seluruh atau lebih dari setengah bagian perut, ada gangguan pencernaan, gas berlebih, infeksi virus, atau sembelit yang terjadi. Beberapa perawatan sederhana yang bisa mengatasi sakit perut tersebut yaitu:

Biarkan Anak Beristirahat
Saat si Kecil mengeluh sakit, Anda harus langsung menyuruhnya untuk beristirahat dari segala macam aktivitas. Buatlah si Kecil tidur dengan nyaman untuk meredakan rasa sakit. Jangan memposisikan si Kecil untuk berbaring secara tegak lurus karena hal tersebut membuat asam lambung bergerak ke atas. Gunakan ganjalan untuk menopang dada, kepala, dan leher dengan sudut 30 derajat. Apabila si Kecil mengalami kembung, posisikan secara telungkup untuk meredakannya.

Berikan Air Putih Secara Teratur
Si Kecil yang mengalami sakit perut akan lebih mudah dehidrasi. Oleh sebab itu, Anda harus memberikan air putih secara berkala. Pasalnya dehidrasi pada si Kecil bisa membuat sakit perut semakin meningkat karena proses pencernaan tidak berjalan dengan baik. Apabila gejala dehidrasi berkembang menjadi diare atau muntah, Anda tetap harus memberikan air putih atau asupan cairan lain seperti susu. Usahakan agar si Kecil tidak mengalami dehidrasi agar masalah kesehatannya tidak semakin memburuk.

Berikan Makanan Tawar dan Mudah untuk Dicerna
Anak yang merasakan sakit pada perutnya biasanya akan menjadi susah makan. Padahal nutrisi dari makanan tetap dibutuhkan untuk mengatasi sakit perut yang dialami. Meskipun sulit makan usahakan untuk memberikan pengertian bahwa mereka harus tetap makan agar sakitnya sembuh. Sebaiknya pilihkan makanan tawar serta mudah dicerna. Pasalnya makanan tawar bisa membantu menyerap kelebihan asam di lambung, tidak mengiritasi lambung, serta lebih mudah dicerna. 
Berikan Camilan Sehat yang Menjadi Obat Sakit Perut Alami

Cara mengatasi sakit perut pada anak selanjutnya adalah dengan memberikan camilan sehat yang memang bisa menjadi obat sakit perut alami. Beberapa camilan mampu berfungsi sebagai probiotik yang mengembalikan fungsi usus. Salah satu camilan sehat yang bisa Anda berikan adalah yogurt. Selain itu, banyak anak yang menyukai yogurt karena rasanya lezat.

Tidak hanya yogurt saja, camilan lain yang bisa Anda berikan pada si Kecil yaitu teh hangat herbal dan buah pepaya. Teh hangat herbal seperti teh chamomile memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan rasa sakit perut. Sedangkan buah pepaya mengandung chymopapain dan enzim papain yang bisa menurunkan tingkat keasaman pada perut. 

Berikan Obat Sakit Perut
Pemberian obat sakit perut secara medis sebaiknya dilakukan apabila cara di atas tidak mampu mengurangi rasa sakit pada si Kecil. Obat sakit perut yang diberikan sesuai dengan penyebabnya. Oralit diberikan saat si Kecil mengalami diare, dehidrasi, dan muntah. Pencahar diberikan saat si Kecil mengalami sembelit, sedangkan Simethicone diberikan jika si Kecil mengalami kembung karena gas yang berlebihan.

Itulah cara mengatasi sakit perut pada anak yang bisa Anda ikuti. Apabila tidak ada perubahan setelah melakukan hal-hal di atas, Anda harus segera membawanya ke dokter. Jangan sampai rasa sakit yang dialami oleh si Kecil menyebabkan masalah yang lebih serius. Cukup sekian informasi yang bisa diberikan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages