Perlunya Memahami Fungsi Stimulasi Tumbuh Kembang Anak - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Wednesday, March 17, 2021

Perlunya Memahami Fungsi Stimulasi Tumbuh Kembang Anak


Perkembangan fisik pada anak kecil biasanya terjadi dengan sangat cepat, terutama sejak lahir hingga usia 2 tahun. Sebagai orang tua, Anda perlu memiliki pemahaman yang baik tentang proses ini untuk mengetahui apakah bayi Anda berkembang secara normal atau tidak. Fungsi stimulasi tumbuh kembang anak pada tahun-tahun awal kehidupan sangatlah penting. Cara terbaik untuk menentukan apakah bayi Anda berkembang dengan baik adalah dengan memonitor perkembangannya. 

Tanda-Tanda Perkembangan Fisik Pada Anak

Seiring waktu, tubuh anak secara bertahap akan berkembang dan menyempurnakan bagian dan keterampilan seperti orang dewasa. Ini dianggap sebagai perkembangan fisik pada anak kecil. Berikut beberapa tanda perkembangan fisik pada anak-anak:


Tangan dan Kaki

Lengan dan kaki anak Anda secara bertahap akan memanjang dan proporsional dengan tubuh dan kepala. Anda akan menemukan bayi Anda terlihat lebih ramping daripada saat dia masih kecil.

Perkembangan Otot

Pertumbuhan otot akan berlangsung cepat untuk mendukung gerakan bayi Anda. Otot lengan dan tungkai berkembang lebih cepat daripada otot di jari kaki atau jari. Pada tahap ini, Anda perlu memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang cukup agar bayi Anda tumbuh dan berkembang.

Pengembangan Otak

Di masa kanak-kanak, serabut saraf di otak, terutama di lobus frontal, berkembang sangat pesat. Pada saat seorang anak berusia 2 tahun, otaknya telah mencapai 70% dari ukuran orang dewasa, dan harus diperhatikan fungsi stimulasi tumbuh kembang anak yang baik. Pada usia enam atau tujuh tahun, ukuran otak sekitar 90 persen dari ukuran normal. Anda bisa mengamatinya dengan mengukur lingkar kepala bayi.

Beberapa kegiatan yang dapat mendukung perkembangan anak Anda secara menyeluruh:

  • Berjalanlah bersama anak Anda, beri mereka kesempatan untuk berlari, melompat, dan menggunakan ototnya.
  • Persiapkan rintangan sederhana untuk anak Anda agar bisa melompati atau mendorong bayi Anda untuk sering berlari dan bermain.
  • Biarkan anak-anak bermain, melempar bola, lompat tali, untuk melatih otot dan mengembangkan keterampilan motorik.
  • Ajak bayi Anda berjalan-jalan di taman atau tempat yang dekat dengan alam secara teratur. Biarkan bayi Anda menyentuh tanaman dan bunga serta menciumnya. Kegiatan ini akan membantu mengembangkan keterampilan motorik halus dan keterampilan motorik kasar.
Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan suplemen nutrisi untuk anak dengan membangun pola makan yang sesuai untuk menjamin pertumbuhan dan perkembangan otot, tulang secara menyeluruh. Anda bisa menambahkan susu Dancow untuk lebih memberikan gizi yang seimbang serta dukungan yang optimal untuk fungsi stimulasi tumbuh kembang anak yang terbaik.

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages