Cara Melatih Fokus dan Konsentrasi Balita - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Tuesday, July 6, 2021

Cara Melatih Fokus dan Konsentrasi Balita



Fokus dan konsentrasi merupakan dua hal penting yang dibutuhkan anak ketika menginjak usia sekolah. Jika memiliki fokus dan konsentrasi yang baik, maka mereka bisa mendengarkan dan menyerap pelajaran yang diberikan oleh guru. Mam bisa melatih konsentrasi dan fokus sejak usia balita atau di bawah 5 tahun. Ada beberapa cara yang bisa Mam lakukan untuk membantu melatih fokus dan konsentrasi si Kecil yaitu:

  • Kurangi Hiburan Digital

Mengurangi hiburan digital ternyata mampu melatih fokus dan konsentrasi anak secara efektif. Hal tersebut juga terbukti dengan penelitian yang menyatakan bahwa teknologi bisa mengurangi fokus dan konsentrasi seseorang. Ajarkan si Kecil untuk bisa membatasi diri sendiri dan disiplin terhadap gadget atau hiburan digital.

  • Memanfaatkan Mainan Fisik


Mainan fisik masih menjadi hiburan terbaik bagi para balita. Selain menjadi media hiburan, mainan fisik juga bisa berguna sebagai stimulasi berbagai kemampuan. Pilihkan mainan yang bisa melatih fokus anak misalnya seperti memancing ikan, mencocokkan, puzzle, dan lain-lain. Tidak hanya fokus saja, mainan-mainan tersebut juga bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan observasi. 

  • Buat Rutinitas Harian untuk Si Kecil

Rutinitas harian dibutuhkan untuk membantu melatih fokus dan kedisiplinan si Kecil. Anda harus membuatkan rutinitas si Kecil mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Adanya rutinitas harian membuat anak mengetahui apa kegiatan selanjutnya yang harus dilakukan. Jadi mereka akan lebih mudah untuk fokus. 

  • Beri Jangka Waktu

Memberi jangka waktu pada aktivitas anak mampu membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi mereka terhadap apa yang dilakukan. Mereka bisa belajar berpikir ketika akan mengambil keputusan. Contohnya Mam bisa memberikan jangka waktu untuk aktivitas sederhana seperti mandi, gosok gigi, dan lain-lain.

  • Ajari Meditasi

Apabila si Kecil sudah cukup mengerti, Mam bisa mengajak mereka untuk meditasi. Meditasi memang memberikan banyak manfaat mulai dari meningkatkan fokus, membuat pikiran lebih rileks, dan lain sebagainya.

  • Berikan Asupan Nutrisi yang Tepat untuk Si Kecil

Fokus dan konsentrasi sangat baik untuk perkembangan otak anak. Mereka yang sering dilatih fokus dan konsentrasi akan lebih mudah menyerap informasi yang didapatkan serta mampu meningkatkan kemampuan kognitif. Bukan hanya stimulasi saja, Mam juga perlu memberikan dukungan nutrisi agar tumbuh kembangnya berjalan optimal.

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S-26 GOLD, yaitu S26 Procal GOLD (Susu Pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. Susu S26 GOLD dengan formula MultiexcelTM Î±Lipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages