Kuliah Sambil Bekerja dengan Kuliah Kelas Karyawan - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Thursday, July 22, 2021

Kuliah Sambil Bekerja dengan Kuliah Kelas Karyawan



Seiring perkembangan zaman yang semakin pesat, biaya pendidikan di Indonesia juga mengalami peningkatan. Bagi kebanyakan orang hal ini mungkin menjadi beban yang perlu dipikirkan. Terlebih bagi mereka yang hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tentu perlu memikirkan biaya kuliah. Sebagai solusi, sebagian dari mereka memilih untuk bekerja sambil berkuliah dengan mengikuti kuliah kelas karyawan. Berikut tips yang perlu untuk kalian ketahui saat memilih kuliah sambil bekerja.

  1. Sesuaikan pilihan jenis pekerjaan

Supaya kuliah tetap lancar meski sambil bekerja, Anda perlu memilih jenis pekerjaan yang sesuai. Maksudnya adalah, Anda perlu menyesuaikan jam kerja dengan waktu kuliah dan pastikan waktunya tidak bertabrakan. Anda bisa memilih pekerjaan yang memiliki jam kerja di pagi hari dan mengikuti perkuliahan di sore atau malam hari atau sebaliknya. 

  1. Program studi linier dengan pekerjaan

Mengambil jenis pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang diambil di perkuliahan menjadi tips berikutnya. Dengan begitu, ilmu yang dapat di perkuliahan dapat langsung diterapkan di tempat kerja. Hal ini juga berlaku sebaliknya, memilih program studi yang linier dengan bidang pekerjaan akan membantu dalam meningkatkan karir di tempat kerja. Sekarang ini banyak kuliah kelas karyawan yang memiliki banyak pilihan program studi dengan tujuan siap kerja setelah lulus. 

  1. Manajemen waktu yang baik

Tips kedua yaitu mengatur waktu sebaik mungkin. Saat Anda memutuskan untuk kuliah sambil bekerja maka, Anda perlu memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik. Hal ini dilakukan supaya antara bekerja dan berkuliah dapat berjalan secara seimbang dan beriringan. Jangan lupa juga untuk memberikan waktu istirahat yang cukup. Karena badan dan pikiran juga perlu waktu untuk beristirahat supaya dapat tetap fokus saat di kelas atau saat bekerja.

  1. Manfaatkan kesempatan yang ada

Tips sukses kuliah sambil bekerja yang terakhir adalah memanfaatkan kesempatan yang ada dengan maksimal. Maksudnya adalah Anda harus dapat menyesuaikan diri di setiap waktu supaya waktu tidak terbuang sia-sia. Misalnya, ketika pekerjaan tidak begitu sibuk, Anda dapat menggunakan waktu tersebut untuk belajar atau mengerjakan tugas kuliah. 

Kuliah kelas karyawan menjadi alternatif yang bagus bagi Anda yang harus bekerja sambil berkuliah. Hal ini juga memiliki beberapa manfaat atau keuntungan, di antaranya sebagai berikut : 

  1. Jam kuliah fleksibel

Umumnya, pada kelas reguler perkuliahan dimulai dari pagi hingga sore. Sedangkan kuliah kelas karyawan biasanya dimulai dari sore hingga malam hari bahkan juga di akhir pekan. Jadi Anda dapat menyesuaikan waktu untuk bekerja dan berkuliah.

  1. Kelas online

Keuntungan berikutnya adalah Anda dapat mengikuti kelas online. Sekarang ini sudah banyak kampus yang menyediakan program kuliah online. Dengan begitu, Anda tidak perlu ke kampus untuk mengikuti kelas tatap muka dan bisa melakukan perkuliahan dimana saja. Asal terdapat koneksi internet, smartphone atau laptop. Kelas online sangat memudahkan Anda, jika pekerjaan yang dilakukan cukup padat dan menyita waktu. Sehingga Anda dapat menghemat waktu untuk bisa mengikuti perkuliahan.

  1. Pilihan program studi beragam

Di zaman sekarang, banyak kampus yang menawarkan program studi yang beragam untuk kelas karyawan. Sehingga Anda bisa menentukan program studi mana yang sesuai minat dan bakat ataupun sesuai dengan pekerjaan Anda saat ini.

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indodaya Suvana (STMIK IDS Digital College) adalah institusi pendidikan ilmu komputer dengan gelar Strata 1 (S1) dengan pendekatan Real World Project yang akan membuat kamu siap menghadapi tantangan karir, bisnis dan pertumbuhan teknologi. 

IDS Digital College memiliki peminatan pada Software Development (SD), Cyber Security (CS) dan Mobile Apps & Games Development (MAG). IDS Digital College mempersiapkan mahasiswa kami untuk memenuhi tuntutan lapangan kerja dalam era Disrupsi Teknologi melalui 3 area pengembangan sumber daya manusia. Segera bergabung bersama IDS Digital College untuk raih impianmu.

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages