Cara Menyembuhkan Batuk pada Anak yang Efektif - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Thursday, July 1, 2021

Cara Menyembuhkan Batuk pada Anak yang Efektif


Batuk merupakan sebuah reaksi menimbulkan karena tubuh sedang melakukan pertahanan terhadap bakteri yang menyerang. Batuk yang terjadi sekali-kali memang tidak mengganggu, tetapi apabila batuk terjadi secara terus-menerus harus segera ditangani. Biasanya anak-anak seringkali mengalami batuk dikarenakan dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Untuk mengobatinya sendiri sudah ada banyak sekali website-website yang berbasis kesehatan seperti Nutricia, Ibu bisa mengunjungi dan mencari tahu bagaimana cara menyembuhkan batuk pada anak dan penyakit lainnya yang tepat.

Batuk adalah mekanisme pertahanan saluran pernapasan dari rangsangan reseptor batuk. Batuk bisa disebabkan oleh beberapa hal bisa jadi karena infeksi saluran pernafasan coronavirus asap rokok debu atau zat kimia lain. Selain itu, ada juga batuk yang disebabkan oleh refluks asam lambung sinusitis atau bahkan karena anak Anda alergi. Seringkali batuk membuat ibu merasa khawatir.

Menggunakan bahan alami dapat mengurangi efek samping yang diinginkan. Banyak sekali bahan alami yang pasti sudah tersedia di rumah dan tentunya dengan harga yang terjangkau, bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk pada si Kecil. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan atau setidaknya dapat meredakan batuk pada si Kecil:


Memberikan istirahat yang cukup kepada anak

Cara menyembuhkan batuk pada anak, yang pertama adalah dengan mencukupi waktu istirahatnya. Karena istirahat dapat memulihkan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Sel imunitas tubuh akan semakin efektif dan menghancurkan sel-sel yang terinfeksi oleh virus penyakit.

Mengonsumsi madu

Madu memang menyimpan sangat banyak keistimewaan untuk kesehatan salah satunya untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu bisa meredakan batuk secara lebih efektif daripada obat yang mengandung dextromethorphan. Hal tersebutlah yang dapat menekan rasa batuk. Yang lebih menarik adalah menurut riset dari sebuah institut kesehatan nasional, madu dapat menghilangkan gejala batuk pada malam hari. Selain itu madu juga dapat menyembuhkan masalah kesulitan tidur pada anak akibat infeksi saluran pernafasan.

Memenuhi cairan tubuh

Bukan hanya membuat tubuh tetap terhidrasi, air putih yang hangat bisa membantu mengencerkan dahak, serta meredakan rasa gatal yang terjadi di tenggorokan karena mengeringnya jaringan sinus. Berikan air putih hangat pada anak saat ia batuk sebanyak 6 sampai 8 gelas setiap harinya. Air hangat atau sup juga bisa mengurangi rasa sakit di dada. 

Melembabkan udara di sekitar anak

Cara yang berikutnya adalah dengan membuat lembab udara di cara ini di juga dapat mengurangi lendir yang ada di tenggorokan dan membuat anak bernapas lebih lega. Anda bisa menggunakan humidifier atau pelembab udara lainnya untuk mengiringkan batuk berdahak pada anak.

Memberikan air perasan lemon

Buah lemon mempunyai kandungan Vitamin C yang lebih tinggi sehingga dengan air lemon dapat membuat tenggorokan si Kecil menjadi lebih lega, serta mengurangi rasa gatal di tenggorokannya. Buatlah minuman dari lemon dengan menggunakan air hangat, ketika Anda ingin membuat air lemon untuk si Kecil pastikan lemonnya masih bagus dan jangan menambah terlalu banyak air ke dalam perasan lemon. Anda juga bisa menambahkan madu ke dalam air lemon tersebut agar rasanya seimbang dan tidak terlalu asam. 

Mengkonsumsi jahe dan kencur

Cara menyembuhkan batuk pada anak yang selanjutnya adalah dengan jahe dan kencur. Kombinasi dari kedua bahan alami ini akan sangat baik digunakan sebagai obat batuk. Caranya sendiri sangat mudah, hanya dengan menyiapkan potongan jahe dan kencur lalu ditumbuk dan direbus. Setelah jahe dan kencur direbus, saring, dan berikan air rebusannya untuk si Kecil. 

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages