Pentingnya Memperkenalkan MPASI dari Usia Sekitar 6 Bulan - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Monday, July 26, 2021

Pentingnya Memperkenalkan MPASI dari Usia Sekitar 6 Bulan



Bayi Anda perlu mulai makan makanan selain ASI atau susu formula pada sekitar usia 6 bulan. Ini karena bayi Anda yang sedang tumbuh tidak lagi mendapatkan cukup zat besi, seng, dan energi dari ASI atau susu formula saja. Namun, ASI memiliki nutrisi penting untuk pertumbuhan dan harus dilanjutkan sampai 12 bulan dan seterusnya selama yang Anda dan bayi Anda inginkan. Tujuannya adalah bahwa pada usia 12 bulan bayi Anda akan makan berbagai macam makanan sehat atau MPASI (makanan pendamping ASI) bersama anggota keluarga lainnya.


Makanan Apa yang Bisa Dimakan Bayi Saya?

Penting bahwa makanan pertama yang Anda berikan kepada bayi Anda kaya akan zat besi. Ini termasuk sereal dengan tambahan zat besi (misalnya sereal beras bayi) dan daging yang dimasak dan dihaluskan, unggas, ikan, tahu dan kacang polong. Setelah ini, mulailah menambahkan berbagai buah, sayuran, biji-bijian/sereal dan makanan susu (misalnya yoghurt, keju, dan puding) dalam urutan apa pun yang sesuai untuk Anda dan bayi Anda.

Disarankan agar makanan pertama sebagai MPASI yang diberikan kepada bayi Anda adalah bubur. Menambahkan ASI atau susu formula dapat membantu membuat makanan menjadi halus dan lembek. Minum air putih adalah kebiasaan yang baik untuk didorong sejak dini. Mulailah menawarkan air matang yang didinginkan dari cangkir dengan dot. ASI atau susu formula akan menjadi makanan utama bayi Anda di usia ini. Lanjutkan menyusui atau susu formula sesuai permintaan.





Memberi Makan dari Sekitar 6 Bulan

Semua bayi berbeda dan akan mulai makan makanan dalam urutan serta takaran berbeda yang sesuai untuk mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mulai memperkenalkan bayi Anda pada MPASI:

Pilih waktu ketika bayi Anda sedang senang dan Anda tenang. Pastikan Anda memiliki waktu untuk fokus pada bayi Anda.
Mulailah dengan satu jenis makanan bubur kaya zat besi seperti sereal beras bayi atau bubur dengan daging.
Berikanlah 1 hingga 2 sendok teh makanan pertamanya setelah ASI atau susu formula untuk bayi. Perlahan-lahan tingkatkan ini menjadi 2 hingga 3 sendok makan.
Mulailah untuk menawarkan makanan pendamping ini sekali sehari dan secara perlahan tingkatkan hingga sebanyak 3 kali sehari. Cobalah untuk menawarkan lebih banyak makanan ketika bayi Anda tumbuh lebih besar.

Adalah satu hal yang normal untuk bayi Anda menolak makanan yang baru. Terkadang dibutuhkan 10 hingga 12 kali pemberian makanan sebelum bayi mau menerimanya.
Bayi Anda akan tahu kapan mereka merasa cukup dan mungkin juga mereka akan memalingkan muka sebagai tanda. Tawarkan makanan kepada bayi Anda nanti saja daripada harus terus memaksa mereka untuk terus makan.
Selalu awasi bayi saat mereka makan.


No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages