Apa Sih yang Membedakan Cincin Pernikahan Berlian Mewah Dengan Cincin Tunangan? - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Friday, November 19, 2021

Apa Sih yang Membedakan Cincin Pernikahan Berlian Mewah Dengan Cincin Tunangan?



Kamu mungkin sering kebingungan soal membedakan cincin pernikahan dan pertunangan. Meskipun keduanya merupakan simbol komitmen untuk menjalani hubungan yang lebih mendalam, tapi sangatlah berbeda. Nah, sebelum Kamu membeli cincin pernikahan berlian mewah, sebaiknya simak dulu perbedaan keduanya baik dari segi budaya hingga desainnya. 

Perbedaan Mendasar Cincin Tunangan dan Pernikahan 

Waktu Penggunaan 

Hal paling mencolok dari cincin tunangan dan pernikahan adalah waktu penggunaannya. Biasanya cincin pertunangan ini diberikan oleh pihak pria pada pihak perempuan yang mana menjadi penanda kalau hubungan mereka sudah serius, namun belum sampai tahap pernikahan. 

Untuk cincin pernikahan, cincin ini dipakai setelah mengucap janji nikah atau akad nikah. Cincin inilah yang kemudian dipakai secara terus menerus. Umumnya cincin pertunangan dipakai oleh pihak perempuan saja, tapi ada juga yang sepakat memakainya bersama-sama. Tidak ada aturan baku di sana. 



Cincin Tunangan Memiliki Batu Berlian Lebih Dominan 

Menurut tradisi di sini, pada umumnya cincin lamaran yang diberikan pada mempelai perempuan lebih dominan. Dominasinya pun tidak terbatas pada ukuran batu yang besar tapi kompleksitas desain dan juga kualitasnya. Semakin kompleks desainnya, maka batu berlian akan lebih mencolok dan berkilau. 

Sementara itu, cincin pernikahan ini didesain lebih sederhana dengan permukaan emas atau perak yang polos karena melambangkan simbol kesucian. Tidak hanya itu, bila dipandang dari sisi fungsionalitasnya, cincin ini dipakai seumur hidup, jadi lebih nyaman. 

Desain Cincin Tunangan Lebih Tipis 

Tak hanya dengan desain yang kompleks, jika diperhatikan, cincin pertunangan lebih sering memilih logam yang lebih tipis. Hal ini sangat bagus dilihat karena biasanya saat prosesi pertunangan, pakaian yang dipakai oleh kedua belah pihak lebih sederhana. Cincin yang dipakai akan terlihat ramping di jari manis dan lebih anggun. Hal ini kerap dijadikan sebagai pelengkap acara pertunangan. 

Meski demikian, sangat penting sekali untuk memperhatikan karakteristik jari masing-masing pasangan sebelum membeli cincin. Ini dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam hal desain yang membuat cincin terkesan berlebihan. 

Harga Cincin Tunangan Umumnya Lebih Tinggi 

Melansir dari The Diamond Pro, cincin pernikahan biasanya dibandrol lebih rendah, sementara cincin perkawinan lebih tinggi. Ini dikarenakan beberapa faktor seperti batu berlian yang digunakan pada cincin tunangan jauh lebih eksklusif. Belum lagi desainnya yang lebih kompleks. 

Namun Anda tidak perlu khawatir, Mondial Jeweler menyediakan aneka model cincin pertunangan dan cincin kawin yang indah dengan harga kompetitif. Untuk cincin perkawinan misalnya, Anda bisa memilih koleksi Eclat dengan desain yang sangat menawan. 

Eclat Collection ini didesain dengan berlian baguette yang menjadikan desainnya vintage-modern-kontemporer. Desain ini dikenal tak lekang oleh waktu. Jadi Kamu tidak usah khawatir dengan pesonanya kalau dipadukan dengan busana lain.

Bolehkah Mengenakan Cincin Tunangan dan Cincin Kawin Sekaligus?

Tentu saja boleh. Sebab tidak ada aturan yang mengharuskan Kamu untuk memakai salah satunya. Namun, beberapa pasangan memang hanya memilih salah satu. Misalnya mereka membeli cincin nikah elegan yang dipakai untuk pertunangan juga. Bedanya saat bertunangan, cincin ini diletakkan di jari manis tangan kiri. Jika sudah menikah diletakkan di sebelah tangan. Para pasangan biasanya melakukan ini untuk menghemat dana pernikahan dan lebih efektif saja. Tapi kalau Kamu dan pasanganmu sudah setuju untuk menggunakan keduanya, sebenarnya tidak masalah kalau nanti keduanya mau dipakai. Ini hanya persoalan tradisi saja. 

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages