Macam-Macam Digital Marketing - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Sunday, June 12, 2022

Macam-Macam Digital Marketing

Kompetisi bisnis selalu terjadi di setiap zaman. Namun cara berkompetisinya selalu berbeda antara zaman sekarang dan zaman dulu. Belasan hingga puluhan tahun lalu, teknik penjualan door to door menjadi sistem pemasaran yang dianggap paling efektif. Sekarang digital marketing atau pemasaran digital dianggap paling efektif dan hemat. 

Hal tersebut didasari dengan perkembangan digital yang semakin maju. Selain itu, bisnis online juga kian marak sehingga siapa saja bisa membeli dari mana saja. Jika ingin melakukan pemasaran digital, maka Anda wajib mengetahui apa macam-macam pemasaran digital. Berikut adalah macam-macamnya:

Content Marketing

Jenis pemasaran digital yang paling banyak digunakan adalah content marketing. Sesuai dengan namanya, pemasaran digital ini fokus pada pembuatan dan distribusi konten. Jenis kontennya ada bermacam-macam seperti postingan blog, video, gambar, artikel, podcast, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih jenis konten yang dianggap efektif sesuai kebutuhan perusahaan.



Search Engine Optimization (SEO)

Selain content marketing, SEO atau Search Engine Optimization juga menjadi jenis pemasaran digital yang banyak digunakan. SEO sendiri merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk meningkatkan traffic website secara organik atau membuat website berada di halaman utama mesin pencarian. 

Konten yang digunakan pada SEO biasanya berupa artikel dengan menyisipkan keyword yang memiliki kemungkinan untuk naik di mesin pencarian. Selain itu, SEO juga harus membangun backlink dan teknik lainnya untuk memaksimalkan pencarian.

Social Media Marketing (SMM)

Media sosial menjadi platform paling populer saat ini. Oleh sebab itu, ada juga pemasaran digital yang disebut SMM atau Social Media Marketing. Sesuai namanya, pemasaran digital satu ini menggunakan platform media sosial untuk melakukan pemasaran.

Cara menjalankannya beragam mulai dari membuat konten, membangun percakapan dengan pelanggan, berbagi informasi, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan iklan berbayar media sosial seperti Instagram Ads, Facebook Ads, dan lain-lain.

Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing atau SEM berbeda dengan SEO. SEO bertujuan untuk mendapatkan pengunjung organik, sementara SEM tidak. Pemasaran digital jenis ini menggunakan iklan berbayar seperti Google Ads. 

Pernahkah Anda melihat ada tulisan Ad pada website paling atas di Google? Mereka menggunakan SEM ini. SEM dan SEO yang dikombinasikan bisa menghasilkan pengunjung yang semakin banyak.

Pay-Per-Click Advertising

Pay-per-click advertising merupakan jenis iklan berbayar yang banyak digunakan saat ini. Dengan iklan ini, Anda hanya harus membayar ketika ada orang melakukan klik atau berkunjung ke website Anda. Besaran biaya iklan tergantung dari jenis iklan yang Anda pilih. Pay-per-click juga berlaku pada Instagram Ads, Google Ads, Facebook Ads, dan lain sebagainya.

Email Marketing

Menggunakan email untuk melakukan pemasaran menjadi hal yang cukup efektif saat ini. Pasalnya hampir semua orang menggunakan email untuk kebutuhan pekerjaan atau yang lainnya. Email marketing dilakukan dengan cara mengirimkan iklan ke email audiens.  

Affiliate Marketing

Jenis pemasaran digital terakhir yang efektif saat ini adalah affiliate marketing. Jenis pemasaran digital ini baru populer akhir-akhir ini. Orang lain akan membantu Anda memasarkan produk. Mereka akan mendapatkan komisi setelah berhasil menjual produk yang ditawarkan. Tentu saja Anda harus pandai-pandai menentukan komisi yang tepat agar banyak orang tertarik namun Anda tetap untung.

Itulah tujuah macam digital marketing yang bisa Anda gunakan. Agar efektif dan hemat, Anda harus melakukan analisis untuk mendapatkan jenis pemasaran digital yang tepat. Jika belum berpengalaman membangun kampanye pemasaran digital, Anda bisa menggunakan jasa Diginet. Agensi digital satu ini sudah bekerja sama dengan banyak perusahaan, jadi jangan ragukan pengalamannya. Mengenai layanan yang ditawarkan oleh Diginet bisa Anda lihat di www.diginet.co.id. 

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages