Pengertian, Manfaat dan Cara Top Up Emoney - Tilang Net <!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-2BG3PV2E2Q'></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-2BG3PV2E2Q'); </script>

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Monday, May 24, 2021

Pengertian, Manfaat dan Cara Top Up Emoney


Uang elektrik atau yang lebih banyak dikenal dengan emoney ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan uang dalam bentuk tunai. Nilai tukar eMoney juga sama dengan uang secara konvensional. Bedanya hanyalah pada cara pembayaran yang memerlukan data Internet. Begitu juga cara top up eMoney yang memerlukan jaringan internet.

Pengertian E-Money Dan Sejarahnya

E-Money merupakan alat pembayaran yang memerlukan jaringan komputer serta Internet. Jadi Anda tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak ketika ingin berbelanja. Uang dalam bentuk eMoney ibu juga sulit diretas, sehingga tidak perlu khawatir uang akan hilang karena ulah peretas. Kini banyak yang menawarkan fasilitas ini. Salah satunya adalah bank Sinarmas.


Sejarah eMoney dimulai pada tahun 1983 oleh David Lee Chaum. Beliau memperkenalkan istilah uang elektronik. Dimana pemilik uang tersebut dapat bepergian dengan bebas tanpa harus memegang uang dalam bentuk tunai. Resiko kehilangan uang juga menjadi lebih kecil.

David Lee Chaum tidak hanya memperkenalkan uang elektronik, tetapi juga mendirikan sebuah perusahaan di Amsterdam. Pada tahun 1997 ide David terwujud oleh perusahaan Coca Cola. Perusahaan tersebut memberikan fasilitas pembayaran mobilepayments saat membeli di vending machine.

Perkembangan uang elektronik ini semakin pesat tiap tahunnya. Bank menawarkan fasilitas tersebut untuk memudahkan para nasabah. Jadi membayar uang tol, commuter line, PLN, BPJS atau yang lainnya cukup dengan eMoney. Setiap tahun perputaran uang menggunakan fasilitas tersebut mencapai nilai Rp 260 triliun.

Namun angka sebesar itu masih belum diketahui oleh banyak masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat yang masih awam dalam melakukan top up pada fasilitas tersebut. Sehingga mereka enggan untuk menggunakannya karena mengira sulit untuk dilaksanakan.

Manfaat E-Money Dalam Kehidupan Sehari-hari

Banyak manfaat dan fungsi yang bisa diperoleh dari uang elektronik ini. Para pemiliknya dapat melakukan pembayaran tanpa direpotkan harus membawa uang tunai. Resiko uang tercecer atau hilang juga menjadi lebih kecil. Manfaat lainnya adalah sebagai berikut.

  • Tidak perlu repot menerima uang kembalian dalam bentuk uang receh atau permen. Anda bisa membayar senilai barang yang dijual dalam nilai yang sama. Sehingga tidak harus menerima uang kembalian lagi.

  • Bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Pembayaran dalam nilai kecil namun sering, dapat diatasi dengan uang elektronik. Anda dapat membayar tol, tiket, commuter line atau lainnya dengan tempo yang cepat dan praktis.

3 Cara Top Up E-Money

Bank Sinarmas sebagai salah satu bank yang menyediakan fasilitas dalam bentuk eMoney menyediakan 3 pilihan. Ketiga cara top up eMoney dapat dilakukan dalam kurun waktu singkat dan mudah. Adapun caranya akan dijelaskan pada bagian bawah ini.

  • Alfamart

Anda bisa melakukan top up dengan kelipatan Rp 50 ribu untuk setiap transaksi. Dalam transaksi tersebut akan dikenakan biaya sebesar Rp 1.500. Alfamart dapat dijumpai dengan mudah di berbagai wilayah. Sehingga Anda tidak akan kesulitan melakukan top up.

  • Channel Bank Sinarmas

Channel Bank di sini berupa ATM, teller atau Mobile Banking dari bank Sinarmas. Untuk menambahkan saldo caranya adalah dengan melakukan transfer ke nomor rekening. Sebelumnya tambahkan angka 8222 pada nomor MDN yang terdaftar di rekening Simas.

  • Transfer Dari Bank Lain

Cara ini hampir sama dengan cara kedua. Bedanya hanyalah penambahan nomor 153+8222+ nomor MDN. Nomor MDN ini adalah nomor ponsel pintar Anda yang telah diaktifkan sebelumnya. Nomor ini juga terhubung dengan rekening di bank Sinarmas.

Demikian cara top up emoney di bank Sinarmas. Limit pada eMoney biasa ialah senilai 2 juta rupiah. Sedang untuk eMoney premium mampu mencapai angka 10 juta rupiah. Kegiatan berbelanja dan keperluan pembayaran lain juga menjadi lebih mudah setelah memakai fasilitas ini.

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages