Berita Dunia Terkini Dari Negara Amerika - Tilang Net

Tilang Net

Selamat datang di Tilang.net sarana baca terupdate dan terpercaya.

Breaking News

Monday, January 28, 2019

Berita Dunia Terkini Dari Negara Amerika


Berita dunia terkini pada matamatapolitik menyebutkan bahwa putri Presiden AS beserta mantan dubes PBB, Nikki Haley bakal menjadi kandidat terkuat yang akan gantikan posisi Jim yong Kim, Presiden Bank Dunia sebelumnya.

Hal ini menyusul terkait pemberitaan mengenai pengunduran diri Jim Yong Kim. Berita dunia terkini melaporkan, selain dua kandidat tersebut terdapat beberapa nama yakni: David Malpass selaku menteri keuangan serta Mark Green kepala badan pembangunan internasional AS.
Namun, hal ini nampaknya berbanding terbalik dengan pernyataan dari departemen keuangan. 

Pihaknya tidak berkomentar tentang calon-calon potensial tersebut. Bahkan mereka juga menyebutkan telah menerima sejumlah besar rekomendasi. Dikatakan pula jika saat ini sedang dilakukan proses peninjauan internal bagi calon AS. Berharap bisa bekerja sama dengan gubernur dalam memilih pemimpin yang baru.

Dalam perjanjian tak tertulis, Amerika Serikat merupakan pemegang saham terbesar di bank dunia, serta memiliki kewenangan memilih presidennya sejak lembaga ini didirikan. Bank dunia akan mulai menerima nominasi presiden baru pada awal bulan Februari. Mereka akan mengumumkan secara resmi nama pengganti Kim serta menjadi presiden bank dunia yang baru pada pertengahan bulan April.

Sebagai penanggulangan kekosongan jabatan, CEO Bank Dunia, Kristalina Georgieva akan menjabat sebagai presiden sementara, pada februari mendatang. Alasan pengunduran diri Kim ditengarai adanya perselisihan kebijakan antara ia dengan Presiden AS Donald Trump terkait perubahan iklim. Bahkan, setelah mengundurkan diri ia menyatakan akan bergabung dengan bank investasi infrastruktur di negara-negara berkembang. Namun, sumber lain mengatakan ia mengundurkan diri atas kemauan pribadinya, bukan karena "diusir" oleh pemerintahan Trump.

Dilansir dari berbagai sumber, Kim selama menjabat di Bank Dunia telah banyak menggerakkan pendanaan proyek energi hijau. Pendanaan tersebut dinilai telah mengurangi dukungan investasi tenaga batubara, posisi yang ditentang Orang nomor satu di AS.

Trump yang memiliki basis dukungan mencakup industri batu bara yang sedang labil ini nampaknya akan memberikan pengaruh yang kuat untuk memilih kandidat baru pengganti Kim. Karena AS pemegang saham terbesar mengendalikan hak suara di Bank Dunia.

Matamatapolitik menyajikan berita dunia terkini, dalam dan luar negeri, mulai dari skala nasional hingga internasional. Perintis berita di media online yang telah diterjemahkan kedalam bahasa indonesia. Kunjungi website resminya, dapatkan berita yang ingin Anda ketahui.

No comments:

Post a Comment

2016. Powered by Blogger.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages